Web Multisite untuk Membangun Komunitas Umum, Bisnis dan Pendidikan

Sudah sekitar 8 tahun yang lalu sebuah fasilitas membuat blog secara gratis diperkenalkan oleh blogspot maupun wordpress, setelah itu banyak muncul subdomain blog  gratis lainnya.

Mengapa dinamakan subdomain blog? Karena Anda dapat memiliki alamat web dari subdomain  blogspot ataupun wordpress. Misalnya visikata.blogspot.com atau namasaya.wordpress.com.

Sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu fasilitas gratis ini mulai di sediakan oleh beberapa media online di Indonesia, antara lain blogdetik dan kompasiana. Kompasiana menggunakan subdiretori untuk alamat blog bagi anggotanya misalnya kompasiana.com/namaanda sedangkan blogdetik menyediakan sub domain bagi anggotanya misalnya namaanda.blogdetik.com.

Teknologi web untuk mengembangkan subdomain blog maupun subdirektori blog sudah dapat digunakan siapapun yang berminat. Selain faktor teknologi web, dibutuhkan juga fasilitas dari layanan hosting yang mendukung. Jika subdirektori blog seperti kompasiana dapat dlayani hampir di semua hosting, maka subdomain blog seperti blogdetik belum tentu dilayani oleh semua layanan hostng.

Ngomong-ngomong, teknologi untuk mengembangkan subdirektori blog atau subdomain blog ini dikenal dengan istilah web multisite. Teknologi multisite ini  juga dapat digunakan untuk membangun mall online, dimana Anda dapat membuatkan fasilitas toko online bagi setiap anggota komunitas bisnis Anda.

Jika Anda berminat,   Tim ICT dari Visikata.Com mampu memberikan solusi membangun web multisite, baik untuk subdirektori blog maupun subdomain blog.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *