You are currently viewing Cara Membuat Web Kursus Online atau LMS Dengan WordPress

Cara Membuat Web Kursus Online atau LMS Dengan WordPress

(Last Updated On: 14 August 2022)

Membangun web kursus online atau ingin membuat sebuah website e-learning berbasis WordPress, kamu harus menginstall plugin e-learning WordPress atau disebut juga Learning Management System (LMS) untuk membantu mengelola, dan menjual kursus online dari website kamu tanpa repot.

Mengapa harus menginstal LMS? LMS mengkombinasikan berbagai fitur untuk menyajikan pengaturan kelas tanpa harus membuat siswa masuk kelas secara fisik. LMS ini memungkinkan kamu membuat kelas, berbagi kursus, mendaftarkan siswa dan mengevaluasi siswa dengan kuis.

Jadi LMS ini bisa menjadi pengganti pembelajaran tatap muka secara langsung dengan dialihkan melalui sistem digital.

LMS memungkinkan untuk melakukan ujian online, memberikan PR, perangkingan dsb sehingga cocok untuk media pembelajaran berbasis online.

Fitur LMS atau web kursus online

Untuk memilih plugin LMS yang kita ingin tentu harus mengetahui apa saja fitur yang harus ada dalam sebuah lms atau web kursus online. Inilah beberapa fitur yang seharusnya ada di dalam plugin WordPress terbaik untuk LMS:

Dashboard : Diperlukan untuk memonitor keseluruhan progres dalam website. Entah itu jumlah peserta kursus, persentase kelas yang diambil, hingga pendapatan dari kursus.

Proteksi materi kursus : Untuk  menghindarkan Anda dari pencurian, plagiasi, dan akses materi oleh orang yang tidak diinginkan.

Forum diskusi : Memungkinkan para peserta dan instruktur bisa saling berdiskusi. Menjadikan kelas lebih interaktif.

Media : Termasuk elemen dasar LMS untuk mengelola berbagai jenis media yang bisa ditambahkan untuk menunjang kelas, seperti gambar, video, audio, dokumen PDF, dan lainnya.

BACA   Pelatihan Menulis Cerita Anak

Kuis : Digunakan untuk  uji pemahaman peserta mengenai materi yang diajarkan secara bertahap.

Pilihan penilaian otomatis dan manual : Secara otomatis dapat memberi nilai pada penilaian menggunakan pilihan jawaban sedangkan  penilaian manual untuk memberi nilai pada jawaban uraian panjang dan esai.

Keamanan pembayaran :  Melindungi data calon peserta kursus dari scam.

Plugin LMS Gratis Berbasis WordPress

TutorLMS : Plugin Web Kursus Online

Dengan TutorLMS Pada memungkinkan Anda untuk membuat tiruan Udemy Anda sendiri dengan WordPress.

LMS Tutor hadir dalam versi gratis dan premium. Dalam versi gratisnya menawarkan semua elemen dasar LMS yang Anda perlukan untuk menjalankan kursus. Tanpa membayar sepeser pun, Anda masih akan memiliki akses ke:

  • Pembuat kursus, bersama dengan pelajaran dan kursus yang tidak terbatas.
  • Dukungan pemutar video.
  • Sebagian besar fitur kuis, termasuk kemampuan untuk membatasi upaya kuis, menetapkan nilai kelulusan, dan menambahkan waktu kedaluwarsa.
  • Monetisasi melalui WooCommerce atau Unduhan Digital Mudah.

Untuk versi premium, terdapat fitur adds-on seperti:

  • Pencipta kursus front-end. Misalnya, Anda dapat mengizinkan instruktur membuat kursus mereka sendiri tanpa mengharuskan mereka menggunakan dasbor WordPress.
  • Lebih banyak jenis pertanyaan kuis.
  • Laporan terperinci untuk melihat bagaimana program Anda berjalan.
  • Pemberitahuan email.
  • Pengajuan pekerjaan rumah.
  • Kemampuan untuk menuntut prasyarat untuk kursus.
  • Lampiran multimedia.
  • Pratinjau kursus.

LifterLMS : Plugin Web Kursus Online

LifterLMS menawarkan builder kursus drag and drop, membantumu membangun kursus multi-tier dengan pelajaran berbasis audio, video, gambar dan teks.

Plugin ini juga memungkinkan kamu membuat kuis multimedia untuk para siswa dan menentukan batas waktu minimum untuk menguji pengetahuan mereka. Termasuk membuat tugas, menentukan prasyarat, konten drip, dan menawarkan materi yang dapat didownload untuk pembelajaran offline.

BACA   Membuat Podcast di Youtube Bagi Pemula

Jika kamu ingin membuat platform multi-instructor, kamu bisa melakukannya dengan bantuan plugin ini. Lifter LMS dapat menentukan beberapa pengajar untuk satu kursus. Dan siswa dapat berinteraksi dengan para pengajar secara mudah menggunakan forum, komentar, timelines, dan area mengajar privat.

Apabila fitur dasar ditambahkan di versi gratis dari plugin ini, kamu bisa selalu meningkatkan fungsionalitas dari situs e-learning kamu dengan menggunakan berbagai add-ons.

Untuk fungsi Add-ons dari lifterlms ini berbayar tapi Anda bisa menggunakan fitur gratis tanpa menggunakan add-ons.

Visikata

Sekolah Online Visikata: Belajar Menulis Online, Pelatihan Penulisan Online, Membuat Web Bisnis

Leave a Reply