21 Tips Travel Writing – Menulis Catatan Perjalanan

No comment 424 views

Tips Travel WritingTravel writing atau menulis catatan perjalanan kini sudah menjadi  tren dan profesi tersendiri bagi generasi muda yang gemar menulis. Apalagi dalam era blog dan social media ini, setiap orang apalagi anak muda pada dasarnya ingin eksis sehingga menulis, mengupload gambar dan video sudah menjadi kegiatan rutin sehari-hari. Hanya apakah mampu menuangkan dalam tulisan yang menarik tentu tergantung kemampuan setiap individu. Dibawah ini beberapa tips, genre serta skill apa yang dibutuhkan dalam menulis catatan perjalanan.

6 Tips Travel Writing dari Tony Wheeler

Siapa Tony Wheeler? Dia adalah salah satu pendiri Lonely Planet. Inilah tipsnya dalam menulis catatan perjalanan yang dikemas ulang oleh Aya Suharta seorang Public Relation & Graphic Designer di hotel bintang 5 di Jakarta yang doyan traveling dan photography.

#1 Akurasi itu penting

Tidak melebih-lebihkan dan jangan menutup-nutupi detil yang perlu diinformasikan. Ini sangat penting agar tidak menyesatkan pembaca.

#2 Jujur

Tulisan perjalanan yang baik harus berisi informasi yang bisa dipercaya, karena itu sebaik-baiknya diangkat dari pengalaman penulis itu sendiri. Secara tidak langsung, pembaca juga akan mengalami kedekatan emosional dengan penulis dan ikut merasakan keseruan dari tulisan perjalanan tersebut.

#3 Unik, Segar dan Orisinal

Penulis mampu menulis cerita sebuah destinasi dari beragam sudut pandang, sehingga punya keunikan dan terasa segar.

#4 Punya jiwa petualang

Seorang travel writer harus berani mencoba hal-hal baru, berani mengambil resiko, punya rasa ingin tahu yang tinggi dan memiliki pemikiran terbuka. Mengukur keselamatan diri memang perlu, tapi bukalah diri akan hal-hal baru. Jika penulis punya jiwa petualang, ia akan menemukan keunikannya sendiri, yang akan tercermin dalam tulisan.

#5 Menyelami kehidupan lokal

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menikmati dan mengetahui sebuah destinasi kecuali dari sudut pandang orang lokal. Karena itu, tinggal lama di suatu destinasi adalah hal yang bisa dilakukan. Jangan ragu untuk mengambil kesempatan tinggal bersama warga setempat. Berinteraksilah sebanyak mungkin.

#6 Tanggungjawab Moral

seorang travel writer bertanggungjawab untuk berbagi kearifan lokal kepada pembacanya. Jangan menulis untuk sekadar mengajak pembaca untuk berkunjung tanpa mengindahkan risiko kerusakan alam. Di sini lah dibutuhkan kemahiran travel writer dalam berkisah. Dorong pembaca agar menjadi traveler yang bertanggungjawab.

4 Genre Dalam Travel Writing

Budi Suwarna memberi panduan secara garis besar tentang genre dalam travel writing, yakni :

#1 Journalism documentation : mendokumentasikan peristwa perjalanan dengan menerapkan prinsip dan metode dasar jurnalistik, serta menghadirkan kisah perjalanan dengan gaya penulisan yang tepat dan sesuai. Journalism documentation sendiri terdiri atas 2 bagian, yakni :

Travelogue : dokumentasi perjalanan yang membahas mengenai gambaran umum tentang perjalanan seperti pengetahuan mendasar mengenai lokasi dan situasi perjalanan yang ditempuh
Popular science : dokumentasi yang membahas mengenai hal ilmiah, dimana membutuhkan beragam riset untuk menggali lebih dalam serta membuktikan validitas data yang digunakan. Popular science bisa dikatakan sebagai jurnalistik yang dirancang di dalam laboratorium.

#2 Consumer orientation : hasil dokumentasi lebih ditujukan kepada para pembaca

Tourist guide : dokumentasi suatu perjalanan yang mengulas secara detail tempat, harga, dan informasi lainnya yang bisa digunakan oleh pelancong sebagai panduan wisata.

#3 Culinary : dokumentasi yang mengulas cita rasa suatu makanan. Diperlukan teknik penulisan khusus dan antusiasme travel writer agar para pembaca merasa tergugah dan ingin mencicipi makanan yang diulas di dalam artikel.

#4 Blog : hasil dokumentasi perjalanan dituangkan ke dalam artikel bersifat personal dan jauh lebih interaktif

Kemampuan atau skil dibawah ini perlu di miliki oleh seorang penulis catatan perjalanan.

11 Hal Yg Harus dimiliki Travel Writer

#1 Passion for Writing
#2 Decent photograph skill
#3 Travel addict
#4 Being easilty adaptable
#5:Being comfortable in own skin
#6 Curiosity
#7 Good Observation Skill
#8 Great Tolerance
#9 Good Humor
#10 Creativity
#11 Open Minded

Selamat menulis catatang perjalanan atau Travel Writing anda.

Keyword yang digunakan pengunjung:

Pengaruh travel writting dalam menulis, Pengertian Menulis catatan perjalanan

Leave a reply "21 Tips Travel Writing – Menulis Catatan Perjalanan"