Tips Menulis dari Para Penulis Populer dan Produktif

Tips menulis dari para penulis populer dan produktif adalah tips yang mudah untuk dilakukan bagi mereka yang memang memiliki passion sebagai penulis. Dewi Lestari awalnya adalah seorang penyanyi yang kemudian hari dikenal sebagai penulis Indonesia yang dengan serial novelnya Supernova sementara John Grisham adalah seorang pengacara(ahli hukum) yang kemudian banyak menulis novel tentang dunia hukum.

Dewi Lestari

Tips Menulis - Dewi LestariDewi Lestari memberi empat tips menulis untuk para penulis pemula. Pertama: Manfaat Media Yang Ada Disekitar Anda untuk belajar menulis. Kedua: Keep It Small yaitu membuat target menulis dari hal-hal kecil yang bisa kita tuliskan. Ketiga : Keep It Going. Selalu menjaga ritme menulis menggunakan media yang ada seperti blog dan lain-lain. Keempat : Menulis tanpa harus memikirkan, BestSeller atau tidak, DIbaca atau tidak, Laku atau tidak. Jadilahnya diri sendiri.

 

 

Stephen King
Menurut Stephen King, untuk memulai menulis caranya mudah. Banyak Membaca. Menurutnya, ketika banyak membaca, kita akan menemukan magic moment, yaitu ketika kamu berpikir “duh… begini doang ceritanya?! Gue juga bisa!”. Itulah tips menulis dari Stephen King.

George RR Martin
Menurut George, sebagai penulis, kamu harus banyak membaca banyak hal. Mulai dari novel, komik, majalah, dan lainnya. Dan, gak Cuma genre yang kamu suka, atau dari buku yang bagus doang. menurut George, bahkan buku atau cerita yang buruk, bisa kok bikin kamu belajar.

George RR Martin, yang terkenal dengan buku serial Game of Thrones ini juga menekankan pentingnya disipilin dalam menulis. Setiap hari, usahakan kamu menulis satu sampai dua halaman. Dan teruskan hingga tulisan kamu selesai.

John Grisham
Ketika John mulai menulis, dia masih bekerja full time sebagai pengacara. Tapi, karena ketertarikannya yang besar untuk menulis cerita, John mengatur waktunya setiap hari supaya dia bisa menyelesaikan tulisannya. Disipilin mengatur waktu menulis dan komitmen. Itu kuncinya. Setiap hari, John memaksa dirinya untuk bisa menyelesaikan satu atau dua halaman. Pengalamannya sebagai pengacara juga memberikan pengaruh dan kedalaman dalam cerita-cerita yang diangkat John Grisham. Kedalaman karena pengetahuan yang baik tentang dunia hukum dan kriminal, menjadikan cerita-cerita John Grisham sebagai benchmark bagi cerita hukum dan kriminal.

Tips menulis dari para penulis populer dan produktif pada dasarnya mudah dilakukan. Caranya dengan menjadi diri sendiri, fokus dan disiplin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *