You are currently viewing Tips Menghadapi Tes Skolastik Pada SBMPTN 2023

Tips Menghadapi Tes Skolastik Pada SBMPTN 2023

(Last Updated On: 12 September 2022)

Terdapat perubahan cukup signifikan adalah tes SBMPTN 2023 yaitu tes mata pelajaran diganti menjadi tes skolastik. Para calon mahasiswa tentu sejak sekarang harus mempersiapakan bagaimana menghadapi tes ini.

Tentang Tes Skolastik

Tes skolastik adalah sebuah metode seleksi atau ujian yang terkait dengan kemampuan bernalar, pemecahan masalah, hingga potensi kognitif seorang calon mahasiswa.

Dalam SBMPTN 2023 selain tes skolastik juga akan dimunculkan tes literasi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, namun bukan dalam konteks gramatika.

Tujuan dari tes skolastik ini adalah berusaha memetakan kemampuan calon mahasiswa secara mendasar dalam menggunakan nalar berpikir guna memecahkan masalah. Jadi, tidak ada lagi problem menghafal materi pelajaran tertentu untuk dapat menyelesaikan tes SBMPTN.

Dalam tahun 2023 calon mahasiswa dapat melakukan tes skolastik hingga 3 kali tanpa menunggu tahun berikutnya.

Setiap tes yang masuk dalam tes skolastik ini berusaha memetakan kemampuan calon mahasiswa secara mendasar dalam menggunakan nalar berpikir guna memecahkan masalah. Jadi, tidak ada lagi problem menghafal materi pelajaran tertentu untuk dapat menyelesaikan tes SBMPTN.

Secara mendasar kemampuan skolastik setiap calon mahasiswa dapat diasumsikan setara, sehingga persaingan yang terjadi tidak kemudian melibatkan faktor eksternal seperti dukungan bimbel atau sejenisnya. Hal ini, dirasa dapat menjadi penerapan keadilan dalam seleksi tersebut.

Tes Skolastik VS Tes Mata Pelajaran

Tes skolastik sendiri memiliki perbedaan yang masih jika dibandingkan dengan tes mata pelajaran. Jika tes mata pelajaran berfokus pada hafalan materi masing-masing mata pelajaran, maka tes skolastik akan fokus pada kemampuan dasar dari seorang calon mahasiswa.

BACA   Manajemen Media Sekolah

Dengan begini, pemerataan dan kesetaraan bisa diperjuangkan. Pasalnya ketika tes difokuskan pada mata pelajaran, siswa yang memiliki kemampuan mengikuti bimbingan belajar mendapatkan keuntungan lebih besar dalam seleksi masuk PTN, karena persiapan yang dilakukan lebih terarah.

Berupaya mewujudkan calon mahasiswa yang dapat berpikir kritis, menemukan pemecahan masalah, serta tidak sekedar penghafal saja, tes ini dinilai menjadi salah satu tes yang paling tepat untuk melakukan proses seleksi.

Materi Tes Skolastik

Tes Skolastik atau Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif yang mencakup penalaran umum, pemahaman bacaan dan tulisan, pengetahuan dan pemahaman umum, serta pengetahuan kuantitatif.

Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang diperlukan bagi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Penalaran Umum

Penalaran umum memiliki tiga jenis soal, yaitu kesesuaian pernyataan, simpulan logis, dan penalaran analitik.

Pemahaman Bacaan

Pemahaman bacaan dan tulisan memiliki dua topik, yaitu pemahaman isi bacaan dan penalaran kebahasaan.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Pengetahuan dan pemahaman umum menyediakan beberapa jenis soal dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Untuk pengetahuan kuantitatif terdapat empat jenis soal yang diujikan yaitu pilihan ganda, pertanyaan dengan informasi pilihan, pertanyaan dengan dua informasi, dan analisis perbandingan dua nilai.

Visikata

Sekolah Online Visikata: Belajar Menulis Online, Pelatihan Penulisan Online, Membuat Web Bisnis

Leave a Reply