Beberapa Software Otomatisasi Perpustakaan Gratis, Open Source dan Freeware

Software Otomatisasi Perpustakaan telah menjadi kebutuhan bagi pengelola perpustakaan, baik perpustakan pribadi, institusi pendidikan maupun perusahan-perusahaan.

Untuk mengelola sebuah perpustakaan pribadi atau keluarga dibutuhkan software otomatisasi perpustakaan yang dapat digunakan untuk manajemen  data pustaka dan pencarian data pustaka. Sedangkan  perpustakaan umum yang melayani peminjaman pustaka bagi anggotanya tentu membutuhkan software yang lebih lengkap lagi, misalnya untuk manajemen anggota dan manajemen peminjaman pustaka, membuat barcode untuk pustaka, dll.

Software Klasifikasi Pustaka, yaitu:

e-DDC

Software e-DDC digunakan  untuk membantu pustakawan untuk menentukan nomor klasifikasi secara lebih mudah dari pada menggunakan sistem yang manual (memakai buku pedoman klasifikasi DDC).

Bahasa Pemograman : HTML Compiler; OS : WIndows : Pengguna : Perpustakaan Pribadi dan Umum

 

Software Manajemen Pustaka, yaitu:

Senayan

SENAYAN adalah Open Source Software (OSS) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar. Dengan fitur yang cukup lengkap dan masih terus aktif dikembangkan, SENAYAN sangat cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staf banyak di lingkungan jaringan, baik itu jaringan lokal (intranet) maupun Internet.

Beberapa Fitur Senayan

  • Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di- generate on-thefly.
  • Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku.
  • Mode penelusuran tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search)
  • Detail record juga tersedia format XML (Extensible Markup Language) untuk kebutuhan web service.
  • Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data.
  • Manajemen masterfile untuk data referensial seperti GMD (General Material Designation), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan lain-lain.
  • Sirkulasi dengan fitur: Transaksi peminjaman dan pengembalian, Reservasi koleksi, Aturan peminjaman yang fleksibel, Informasi keterlambatan dan denda.
  • Manajemen keanggotaan.
  • Inventarisasi koleksi (stocktaking)
  • Laporan dan Statistik
  • Pengelolaan terbitan berkala
  • Dukungan pengelolaan dokumen multimedia (.flv,.mp3) dan dokumen digital. Khusus untuk pdf dalam bentuk streaming.
  • Senayan mendukung beragam format bahasa termasuk bahasa yang tidak menggunakan penulisan selain latin.
  • Menyediakan berbagai bahasa pengantar (Indonesia, Inggris, Spanyol, Arab, Jerman).
  • Dukungan Modul Union Catalog Service
  • Counter Pengunjung perpustakaan
  • Member Area untuk melihat koleksi sedang dipinjam oleh anggota
  • Modul sistem dengan fitur: Konfigurasi sistem global, Manajemen modul, Manajemen User
  • (Staf Perpustakaan) dan grup, Pengaturan hari libur, Pembuatan barcode otomatis, Utilitas untuk backup

Bahasa/Scripting : php; Database : Mysql; OS : Windows, BSD, LInux; Pengguna : Perpustakaan Umum.

SLIMs

Dalam perkembangannya software manajemen perpustakaan ‘SENAYAN’ lebih dikenal dengan sebutan SLIMS yang merupakan penyingkatan dari  Senayan Library Management System.

Fitur Utama SLIMs:

1. Cataloging Module
Fitur untuk membuat, mengedit, dan menghapus data bibliografi sesuai dengan standar deskripsi biliografi.Mendukung pengelolaan koleksi dalam berbagai macam format seperti monograph, terbitan berseri, audio visual, dsb. Mendukung penyimpanan data bibliografi dari situs di Internet. Mendukung penggunaan Barcode. Manajemen item koleksi untuk dokumen dengan banyak kopi dan format yang berbeda. Pengelolaan koleksi yang hilang, dalam perbaikan, dan rusak serta pencatatan statusnya untuk dilakukan pergantian/perbaikan terhadap koleksi.

2. Modul Penelusuran (OPAC/Online Public Access catalog Module)
Mendukung akses OPAC melalui peralatan portabel (mobile device). Menampilkan informasi lengkap tetang status koleksi di perpustakaan, tanggal pengembalian, dan pemesanan item/koleksi. Juga tersedia detil informasi juga menampilkan gambar sampul buku, lampiran dalam format elektronik yang tersedia (jika ada) serta fasilitas menampilkan koleksi audio dan visual. Menyediakan hyperlink tambahan untuk pencarian lanjutan berdasarkan penulis, dan subjek.

3. Modul Sirkulasi (Circulation Module).
Mampu memproses peminjaman dan pengembalian koleksi secara efisien, efektif, dan aman. Mendukung fitur reservasi koleksi yang sedang dipinjam, termasuk reminder/pemberitahuan-nya. Mendukung fitur manajemen denda. Dilengkapi fleksibilitas untuk pemakai membayar denda secara cicilan. Mendukung fitur reminder untuk berbagai keperluan seperti melakukan black list terhadap pemakai yang bermasalah atau habis keanggotaannya. Mendukung fitur pengkalenderan (calendaring) untuk diintegrasikan dengan penghitungan masa peminjaman, denda, dan lain-lain. Memungkinkan penentuan hari-hari libur non-standar yang spesifik. Dukungan terhadap ragam jenis tipe pemakai dengan masa pinjam beragam untuk berbagai jenis keanggotaan. Menyimpan histori peminjaman anggota. Mendukung pembuatan peraturan peminjaman yang sangat rinci dengan mengkombinasikan parameter keanggotaan, jenis koleksi, dan gmd selain aturan peminjaman standar berdasarkan jenis keanggotaan.

4. Modul Manajemen Keanggotaan (Membership Management Module).
Memungkinkan beragam tipe pemakai dengan ragam jenis kategori peminjaman, ragam jenis keanggotaan dan pembedaan setiap layanan sirkulasi dalam jumlah koleksi serta lama peminjaman untuk jenis koleksi untuk setiap jenis/kategori. Dukungan terhadap input menggunakan barcode reader. Memungkinkan untuk menyimpan informasi preferensi pemakai atau subject interest. Memungkinkan untuk menyimpan informasi tambahan untuk keperluan reminder pada saat transaksi. Memungkinkan menyimpan informasi detail pemakai yang lebih lengkap. Pencarian informasi anggota minimal berdasarkan nomor dan nama anggota. Pembuatan kartu anggota yang dilengkapi dengan barcode untuk transaksi peminjaman.

5. Modul Inventarisasi Koleksi (Stocktaking Module)
Meliputi pelaporan untuk semua modul-modul yang tersedia di Senayan, diantaranya:
– Laporan Judul.
– Laporan Items/Kopi koleksi.
– Laporan Keanggotaan.
– Laporan jumlah koleksi berdasarkan klasifikasi.
– Laporan Keterlambatan.
– Berbagai macam statistik seperti statistik koleksi, peminjaman, keanggotaan, keterpakaian koleksi.
– Tampilan laporan yang sudah didesain printer-friendly, sehingga memudahkan untuk dicetak.
– Filter data yang lengkap untuk setiap laporan.
– API untuk pelaporan yang relatif mudah dipelajari untuk membuat custom report baru.

6. Modul Manajemen Terbitan Berseri (Serial Control)
– Manajemen data langganan.
– Manajemen data Kardex.
– Manajemen tracking data terbitan yang akan terbit dan yang sudah ada.
– Memungkinkan tracking data terbitan berseri yang jadwal terbitnya tidak teratur

BookDB2.2

Bahasa/Scripting : Visual Basic; OS : Windows; Pengguna : Perpustakaan Pribadi

OpenBlibio

OpenBiblio menyediakan menu Online Public Access Catalog (OPAC), sirkulasi (circulation), katalogisasi (cataloging) dan laporan (report).

Beberapa perpustakaan di Tanah Air telah menggunakan OpenBiblio sebagai software otomasi perpustakaan. Perpustakaan yang sedang atau pernah menggunakan OpenBiblio sebagai software otomasi perpustakaan antara lain Perpustakaan Departemen Matematika Institut Teknologi Bandung (http://otomasi.math.itb.ac.id), Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia kampus daerah Purwakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung, STKIP Siliwangi Bandung, Universitas Djuanda Bogor, Perpustakaan Sekolah Negeri Kresna Bandung, Perpustakaan Politeknik Piksi Input Serang  dan Perpustakaan Universitas Tanjungpura (http://perpustakaan.untan.ac.id/).

Software OpenBiblio cukup stabil sehingga dapat menjadi salah satu pilihan dalam memilih software otomatisasi perpustakaan yang berbasis opensource.

Bahasa/Scripting: php; Database: Mysql : OS: Multiplatform; Pengguna : Perpustakaan Umum

Demikianlah beberapa software otomasi perpustaaan yang dapat diperoleh secara gratis. Dari beberapa software open source di atas yang disarankan adalah SLIMs. Mengapa? Karena SLIMs memiliki selalu diupdated dengan teknologi terbaru dan memiliki komunitas yang solid untuk pengembangan aplikasinya. Dan yang terutama SLIMs adalah aplikasi buatan anak negri yang telah mendunia.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *