Sakshat, Laptop Rp100ribu dari India

NEW DELHI – India direncanakan bakal meluncurkan komputer murah seharga USD10 atau sekira Rp100 ribu. Sejumlah ahli dari Institutes of Technology di Bangalore dan Madras menyatakan komputer tersebut sedang dikembangkan dengan kapasitas memori dan power yang rendah, namun memiliki koneksi internet.

Komputer tersebut didesain berbentuk jinjing (laptop) dan akan diberi nama,’Sakshat’. Laptop itu akan membawa sebuah revolusi dalam industri komputer di India, maupun di dunia.

Seperti dilansir CEO Worlds dan AFP, Selasa (3/1/2009), laptop itu menggunakan power 2 watt dan memiliki memori sekira 2 GB. Sakshat didesain untuk membantu meningkatkan kemampuan komputer jutaan anak di India sehingga dapat bersaing dengan negara-negara lain.

Menurut pejabat kementrian India, RP Agrawal, Sakshta akan tersedia dalam enam bulan ke depan di sebelah selatan kota Tirupati.

“Sekali lagi uji coba selesai, komputer akan tersedia di pasaran, harganya hanya USD10. Jika orangtua ingin memberikan sesuatu kepada anaknya, mereka dapat dengan mudah membelinya,” katanya.

Sebelumnya pemerintah India telah menyediakan dana sekira 46 miliar rupee atau sekira USD939 juta untuk mengembangkan laptop dengan power rendah terutama bagi masyarakat di wilayah pinggiran.

sumber: okezone.com

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *