Program Pendidikan Magister Secara Online di Universitas Terbuka(UT)

Perkembangan pendidikan secara online untuk bidang-bidang tertentu semakin terbuka lebar. Universitas Terbuka(UT) telah berani mengadakan program pasca sarjana  atau magister secara online.  Pendidikan secara online akan mendorong terjadinya pemerataan pendidikan di Indonesia karena dapat menjangkau calon mahasiswa dari daerah terpencil.

Universitas Terbuka menyiapkan program pendidikan magister yang sepenuhnya dilakukan secara online. Selain itu, universitas milik negara tersebut kini juga memperkuat layanan program pascasarjana dengan sistem belajar jarak jauh dilengkapi tatap muka.

”Program studi magister yang sudah ada dijalankan secara tutorial online dan tatap muka. Tahun ini dibuka program magister yang sepenuhnya online untuk memudahkan mereka yang sibuk agar tetap bisa kuliah,” kata Direktur Program Pascasarjana Universitas Terbuka (UT) Udin S Winataputra di Tangerang, Banten, Jumat (3/9).

Program pascasarjana yang ada di UT adalah magister manajemen, administrasi publik, manajemen perikanan, dan yang terbaru pendidikan matematika. Program ini dibuka jika ada kelompok belajar yang jumlahnya minimal 20 orang.

Yang baru sepenuhnya online adalah program magister manajemen yang sudah dimulai tahun ini. Mahasiswa tidak perlu tutorial tatap muka, tetapi hanya online. Namun, pada tahap awal ini untuk ujian masih harus hadir di kantor UT di daerahnya.

Sebagai gambaran, biaya tes masuk magister senilai Rp 300.000. Biaya kuliah sebesar Rp 5,95 juta per semester. Biaya ini sudah termasuk biaya paket bahan ajar, tutorial, biaya ujian, dan konseling.

Rektor UT Tian Belawati mengatakan, program magister yang rencananya juga bakal dibuka di UT adalah magister pendidikan. Program studi yang sedang diuji kelayakannya, antara lain, pendidikan IPA, Bahasa Inggris, dan pendidikan dasar.

”Untuk pengawas, kepala sekolah, dan guru nanti bisa terus melanjutkan pendidikan tingginya tanpa banyak mengganggu jam mengajar,” ujar Tian.

Bekerja sama dengan universitas terbuka di Asia Tenggara, UT menawarkan program Asian Studies. Program ini merupakan kerja sama lima universitas terbuka yang berada di Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Program doktor Universitas Terbuka juga segera dibuka pada 2012. Pada tahap awal, programnya adalah manajemen dan administrasi publik.

Akreditasi tutor

Sementara itu, peningkatan kualitas layanan pendidikan UT ditingkatkan dengan menggencarkan pelatihan dan sertifikasi bagi 14.372 tutor. Tutor yang berfungsi sebagai motivator dan fasilitator bagi mahasiswa yang dituntut belajar mandiri itu sebanyak 85 persen berasal dari dosen perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta.

Sementara di daerah yang terbatas jumlah dosen yang bisa direkrut, mahasiswa difasilitasi tutor dari guru ataupun instansi pemerintah lainnya. Namun, kualifikasi pendidikan minimal sarjana.

Hasmonel, Pembantu Rektor III UT Bidang Kemahasiswaan dan Operasional, mengatakan, akreditasi tutor terus ditingkatkan. Pada tahun ini targetnya 50 persen tutor UT sudah diakreditasi supaya memiliki standar yang sama dalam menjalankan tugas tutorial di lapangan.

Sumber:http://cetak.kompas.com/read/2010/09/04/03512865/ut..buka..program.pascasarjana.online

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *