Perangkat Lunak Kolaborasi Untuk Remote Office & Paperless : Bekerja Secara Online dan Tanpa Kertas

Perkembangan akses internet di Indonesia telah memungkinkan kolaborasi untuk melakukan pekerjaan secara online dilakukan  banyak orang. Baik secara langsung atau tidak langsung. Berkembangnya fitur-fitur penyedia layanan Social Media telah memungkinkan berkembangkan kolaborasi online secara tidak langsung lewat interaksi sesama pengguna, baik secara personal to personal ataupun melalui fasilitas group.

Untuk perusahan atau perorangan yang ingin membangun media kolaborasi yang lebih intensif dan terkontrol dapat membangun atau menggunakan aplikasi kolaborasi online. Saat ini terdapat beberapa aplikasi Open Source yang dapat diunduh dan diinstall tanpa terkena biaya lisensi. Aplikasi kolaborasi tersebut antarala lain fengoffice, EyeOS,  dan Collative. Sebenarnya masih banyak lagi tapi sementara ke tiga(3) aplikasi tersebut yang kita bahas. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat digunakan untuk intranet maupun internet(online).

Fengoffice

Fengoffice memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk sebuah kolaborasi melalui workspace atau ruang kerja online. Fasiltas tersebut adalah manajemen Workspace, Notes, Email , Contact, Calendar, Dokumen, Task , Time Tracking dan Web Link.

Workspaces memungkinkan individu dan tim untuk mengatur data mereka dan tugas-tugas, dan berbagi dengan orang lain. Mereka dapat dihubungkan ke Klien, Proyek, Produk, Jasa, Departemen, dll. Fengoffice mengidentifikasi Workspace Anda yang paling relevan, cepat, dengan menetapkan label warna yang berbeda.

Setiap pengguna memiliki hak akses yang berbeda-beda terhadap ruang kerja (workspace). Fengoffice mampu membuat hingga 10 sub ruang kerja.

EyeOS

EyeOS sebenarnya adalah merupakan suatu sistem operasi cloud computing yang ditujukan untuk menyajikan sistem operasi berbasis web. Karena sangat lengkap tentu saja harus membutuhkan akses internet yang lumayan cepat dan stabil.

collabtive

Collative tidak memiliki dokumen manajemen selengkap FengOffice atau  tapi  cukup lumayan untuk manajemen suatu proyek. Collabtive memliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan  platform Fengoffice dan EyeOS.

Salah satu bentuk tampilan Manajemen Proyek Collabtive

Kelebihan lainnya adalah fasilitas chat built-in di dalam collabtive

Saya sendiri menggunakan fengoffice secara online untuk memanajemen dokumen dan proyek-proyek. Dengan demikian saya dapat mengkakses kapanpun dan dari manapun selama ada akses internet.

Selain memliki kemampuan manajemen dokumen yang cukup lumayan untuk sebuah open source, Fengoffice juga memiliki kemampuan untuk menarik email-email berbasis pop3 dan LDAP. Sehingga saya dapat membaca dan membalas email melalui fengoffice. (ab)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *