(Last Updated On: 18 September 2021)

Jika Anda menggunakan website atau toko online  untuk menjalankan transaksi bisnis maka dibutuhkan sistem pembayaran yang memudahkan bagi pembeli, cepat, aman dan terkontrol. Sistem inilah yang dikenal sebagai Payment Gateway.

Untuk lebih memahami apa itu payment gateway maka akan dijelaskan secara detail  apa itu payment gateway, manfaatnya bagi penjual dan pembeli dan bagaimana flow atau cara kerjanya.

Apa Itu Payment Gateway

Untuk website toko online yang mempunyai fitur checkout dan bisa melakukan pembelian produk/layanan langsung di website, tentunya disertai dengan pembayaran di website yang sama.

Jadi payment gateway adalah layanan aplikasi yang menjadi gerbang perantara transaksi pembeli dan penjual bisnis online, khususnya untuk memudahkan sistem pembayaran.

Dengan payment gateway, toko online terbantu dalam memastikan jalanya proses pembayaran dan telah diberikan kuasa atau otorisasi baik menggunakan kartu kredit, transfer antar bank, virtual account, debit, e-wallet hingga pembayaran di gerai minimarket.

Meski mendapatkan data tentang pembeli maupun penjual seperti nomor kartu kredit dan debit hingga data kependudukan namun aplikasi payment gateway ini aman karena membuat sistem enkripsi kode khusus untuk menjamin keamanan transaksi e-commerce.

BACA   Belanja Online Dengan Kartu Debit Mandiri

Standar keamanan Address Verification System (AVS) yang akan yang akan menyesuaikan data alamat pemilik kartu, Card Security Code (CV2) yang meminta kode tiga nomor terakhir kartu kredit/debit, dan 3D secure password untuk memastikan setiap transaksi dengan kode unik biasanya terdapat pada aplikasi payment gateway.

Flow Cara Kerja Payment Gateway

Dengan payment gateway sebagai gerbang perantara transaksi online antara penjual dan pembeli, maka beginilah cara kerja payment gateway.

Pembeli memilih produk atau layanan yang akan mereka beli di toko online lalu juga memilih metode pembayaran dan input data terkait pembayaran untuk proses checkout.

Pembeli membayar produk yang dibeli di toko online berdasarkan informasi yang disampaikan sumber payment gateway.

Payment gateway lalu meneruskan informasi pembayaran ke prosesor pembayaran dari institusi bank atau institusi pembayaran lainnya.

Bank atau institusi pembayaran terkait yang menerima permintaan akan memproses transaksi serta verifikasi. Lalu mengirimkan balasan ke prosesor pembayaran menggunakan kode khusus dan menginformasi apakah transaksi berhasil atau gagal, jika ada kesalahan pembayaran data atau data pembeli yang keliru.

Prosesor pembayaran mengirimkan pesan ke payment gateway, yang selanjutnya bertugas meneruskan pesan ke toko online serta pembeli tentang berhasil atau tidaknya transaksi.

Manfaat Payment Gateway Untuk Toko Online

Menggunakan payment gateway terbaik bagi toko online dapat memberikan manfaat, diantaranya yaitu:

Tidak Perlu Membuat Banyak Rekening

Toko online tidak perlu menyediakan banyak rekening dari berbagai bank. karena dengan payment gateway pembayaran dari berbagai rekening bank akan dimasukkan ke satu rekening utama milik toko online.

Proses Transaksi Lebih Cepat

Proses transaksi lebih cepat. dengan payment gateway yang mampu memproses transaksi massal bersamaan dan dalam waktu singkat.

BACA   CMS Toko Online

Transaksi Menggunakan Kartu Kredit Juga Aman

jika melakukan transaksi via kartu kredit juga aman karena payment gateway melindungi data pengguna kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi serta teknologi fraud detection yang berfungsi mencegah terjadinya kecurangan pembayaran.

Mudah Mengetahui Pembayaran yang Masuk

Penjual atau toko online lebih mudah dan cepat mengecek status pembayaran baik yang menggunakan kartu debit dan kredit, apakah sudah berhasil masuk atau status lainnya.

Dapat Melakukan Proses Rekonsiliasi

Karena payment gateway kini user-friendly, dilengkapi dashboard yang menghubungkan antara penjual dan pembeli, penjual dapat melakukan proses rekonsiliasi. Misalnya mengecek data pelanggan, siapa saja yang membayar, jumlah transaksi berhasil, pengembalian dana transaksi hingga laporan penjualan toko online.

Manfaat Payment Gateway Untuk Pembeli

Pembeli juga diuntungkan  jika suatu toko online menggunakan payment gateway.

Transaksi Mudah dan Aman Dilakukan

Dengan payment gateway pembeli merasa aman dan proses yang serba cepat dan mudah sehingga tercipta pengalaman baik dengan toko online.

Transaksi dengan kartu kredit juga dijamin keamanannya baik untuk pembeli dan juga penjual. dengan sistem keamanan dan teknologi seperti fraud detection, enkripsi data dan informasi saat melakukan transaksi. payment gateway memastikan transaksi aman untuk kedua pihak

Selain itu transaksi mudah dilakukan di mana saja, kapan saja tanpa harus ribet antri dan lama.

Rincian Produk, Harga Dan Pembayaran Di Satu Halaman

Dengan payment gateway, pembeli dapat melakukan transaksi pembayaran langsung tanpa membuka lagi website toko online untuk melihat dan mengecek rincian harga serta produk. karena sudah dirangkumkan di halaman tempa transaksi pembayaran akan dilakukan.

Dengan penjelasan yang cukup rinci diatas maka membantu Anda memilih Payment Gateway yang cocok bagi bisnis Anda


Visikata

Sekolah Online Visikata: Belajar Menulis Online, Pelatihan Penulisan Online, Membuat Web Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *