Panduan Praktis Membangun Konten Blog

Panduan praktis membangun konten blog sangat penting bagi Anda yang sedang merancang dan memtuskan konten dari blog atau web yang akan Anda buat.

Media Blog  awalnya  dibangun sebagai tempat curahan pribadi dari para pemilik blog. Dikemudian hari ternyata informasi yang ditulis oleh seorang blogger dapat menjadi sebuah rujukan  dari sebuah media mainstream. Dan dalam perkembangan selanjutnya media blog  menjadi landasan untuk mengembangkan ide , promosi dan pengembangan sebuah bisnis.

Jika tujuan Anda membuat blog adalah untuk mempromosikan ide, pasar atau bisnis dan menghasilkan uang dengan blog  maka Anda harus memilih topik yang lebih spesifik. Idealnya, Anda harus memiliki keahlian dan pengalaman  untuk topik ini sehingga  mampu memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca blog Anda.

Blogging Content Matrix
Blogging Content Matrix

Matrik Konten Blogging dalam gambar di samping ini  menggambarkan 4 kemungkinan jenis konten. Sumbu vertikal menggambarkan sejauh mana konten blog Anda memiliki nilai yang berguna bagi pembaca secara luas (segmentasi). Diari pribadi atau puisi, misalnya, jelas memiliki nilai untuk segmen tertentu. Sumbu horizontal menggambarkan konten yang berhubungan dengan waktu. Sebuah berita adalah sebuah konten yang terikat waktu tapi sebuah karya sastra yang bagus dapat bersifat abadi. Matrix Konten Blogging bersumber dari dailyblogtips.com tetapi  saya merubah tentang ‘value’ menjadi segmentation yang menurut saya lebih tepat.

Di bawah ini adalah penjelasan dari 4  kemungkinan Matrik Konten Blogging di atas:

1. Konten memiliki segmen luas dan abadi: kasus pertama merujuk ke konten yang bermanfaat bagi pembaca secara luas (segmentasi)dan tidak tergantung pada waktu. Blog dalam kategori ini biasanya berisi  hal-hal yang sifatnya inspiratif, atau berbagi tutorial menjelaskan bagaimana hal-hal tertentu dalam bidang pekerjaan, tentang spiritualitas, tentang kesehatan holisitik, dll.

2. Konten memiliki segmen luas tetapi waktu terbatas: Blogs dalam kategori ini akan memberikan informasi yang berguna bagi pembaca secara luas, tapi informasi seperti itu hanya berguna untuk sejumlah waktu. Blog biasanya diposting harian , juga beberapa topik umum dari berbagai berita teknologi, bisnis, politik dan gosip selebriti. Contohnya termasuk TechCrunch, PerezHilton dan DailyKos.

3. Konten memiliki segmen terbatas dan abadi: ketiga kasus merujuk ke blog yang mempublikasikan narasi pribadi, puisi, narasi dan sebagainya. Seperti disebutkan sebelumnya, konten ini akan memiliki nilai bagi beberapa orang, tetapi segmen yang terlalu kecil untuk menghasilkan lalu lintas yang memadai untuk blog Anda. Namun beberapa blogger tercapai sukses besar berbagi pengalaman pribadi (yakni Steve Pavlina), tentunya walaupun konten mereka walau bersifat pribadi tapi mampu menginspirasi pembacanya. Dalam konteks lokal maka blog sastra berisi konten seperti puisi dan cerpen walaupun memilih kudrant ke 3 tapi juga memiliki potensi untuk sukses.

4. Konten memiliki segmen terbatas dan waktu terbatas: Konten klasik blog yaitu berisi buku harian online di mana seseorang itu akan menuliskan  kegiatannya sehari-hari. Orang terkenal dan selebriti mungkin akan berhasil membuat blog dengan menggunakan model seperti ini, namun hal ini tidak berlaku untuk rata-rata blogger.

Jika tujuan dari blog Anda adalah untuk mempromosikan ide-ide Anda, bisnis Anda atau sebuah blog untuk mendapatkan penghasilan  maka  sebaiknya  menggunakan kemungkinan pertama dan kedua dari Matrik Konten Blogging.

Semoga Matrik Konten Blogging dapat menjadi inspirasi bagaimana anda memutuskan konten  yang cocok buat blog Anda. Walaupun demikian konten blog Anda tidak terbatas hanya pada satu pilihan saja tapi dapat memiliki kombinasi dari 2,3 atau 4 pilihan di atas.

Sumber Inpirasi : dailyblogtips.com

Catatan :

Anda dapat melihat keuntungan memiliki blog di sini.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *