You are currently viewing Membuat Podcast di Youtube Bagi Pemula

Membuat Podcast di Youtube Bagi Pemula

(Last Updated On: 2 August 2022)

Walaupun Youtube bukan platform khusus podcast seperty spotify tapi memanfaatkan atau membuat podcast di youtube jika dirancang dengan baik dapat membantu menarik cukup banyak subscriber.

Salah satu channel podcast di youtube yang cukup terkenal karena memiliki banyak subscriber adalah channel Deddy Corbuzier. Saat konten ini dibuat subscribernya sudah mencapai 19,1 juta.

Cara membuat podcast sebenernya super gampang. Yang dibutuhkan hanyalah smartphone, earphone, dan sebuah laptop.

Empat Tahapan Membuat podcast

4 langkah dibawah ini ditujukan bagi Anda yang baru memulai membuat konten podcast.

1.Pilih Topik yang Anda Sukai

Cara membuat podcast yang pertama sekaligus maha penting: pilih topik atau tema obrolan yang lo suka! Segala sesuatu yang dikerjain dari hati bakal berbuah hati juga. Kalau topiknya udah sesuai minat atau keahlian lo, otomatis isi obrolannya juga bakal berbobot dan bemanfaat. Lo juga nggak akan kehabisan bahan obrolan, karena akan selalu ada hal yang bisa dikulik lebih jauh.

Demen konten horror atau berbau supernatural? Lo tinggal bikin channel podcast horror. Demen nonton film? Ya lo bisa bikin channel review film yang update setiap minggu. Pokoknya bebas dan suka-suka! Beberapa genre podcast yang populer adalah finansial, komedi, horror, politik, dan self-development. Hiburannya dapet, edukasi juga dapet!

BACA   Membuat Toko Online Berbasis Wordpress

2. Bentuk Identitas Podcast

Nah sama seperti ngatur lapak dagangan, lo wajib menentukan identitas channel podcast yang akan dibangun. Nama channelnya apa? Desain cover atau sampul podcastnya gimana? Bakal ada berapa host yang jadi personal podcast? Bakal tayang berapa kali dalam sebulan?

Semua pertanyaan di atas harus bisa ditentukan dengan mantap sebelum mulai rekaman. Ini adalah komponen paling dasar yang super penting dalam proses pembuatan podcast. Kalau mau lebih keren, bisa juga bikin jingle atau musik khusus sebagai intro podcast.

3. Mulai Rekam Suara Pakai Smartphone

Setelah menentukan topik dan ide konten podcast, langkah selanjutnya adalah eksekusi. Nggak usah bingung soal cara membuat podcast, karena tinggal direkam aja. Yang penting sudah dipersiapkan knowledge atau susunan narasi untuk diobrolin di podcast.

Untuk permulaan,nggak perlu pakai microphone dan mixer mahal, cukup memanfaatkan martphone yang Anda miliki. Ini sudah lebih dari cukup untuk merekam suara yang jernih. Cukup siapin headphone/headset, laptop, dan smartphone.

Untuk mendapatkan hasil rekaman yang bagus cari ruangan yang hebing.

4. Edit Hasil Rekaman Suara

Sebenarnya, langkah yang ini nggak wajib lo lakuin. Selama hasil rekamannya nggak banyak noise (suara berisik di latar belakang) dan terdengar jernih, you are good to go. Tapi kalau mau kualitas podcast lo terdengar lebih empuk dan enak didengar, lo bisa menggunakan software gratisan seperti Audacity atau Garageband!

Inilah cara membuat podcast di youtube:

1. Mengkonversi file audio menjadi video

Membuat podcast di YouTube adalah untuk mengonversikan file berbentuk audio menjadi video.

Pertama-tama, sediakan atau bentuk sebuah gambar untuk keperluan latar belakang, kamu bisa menggunakan software desain grafis sederhana seperti Canva atau Snappa.

BACA   Mengelola Toko Online

Masing-masing gambar sebaiknya memiliki template yang dapat kamu kembangkan.

Tujuannya adalah agar tidak perlu mendesain dari awal lagi bila kamu memang tidak ahli desain.

Lalu, bentuklah logo podcast, dan tempatkan nama, URL situs web, dan informasi lainnya pada template desain grafis tersebut.

Dari segi ukuran, YouTube merekomendasikan gambar dengan ukuran 2560 x 2240 px untuk hasil terbaik di semua perangkat.

Kemudian, konversikan file audio dan tambahkan pada gambar latar belakang yang telah diciptakan.

Menurut Castos software terbaik untuk mengonversi audio pada gambar adalah Headliner.

Alat tersebut memungkinkan kamu untuk mengupload file audio selama kurang lebih 60 menit dan mampu untuk menambahkan beberapa gambar untuk ditempatkan selama durasi video berjalan.

Kamu juga dapat menambahkan efek-efek spesial seperti gelombang suara atau keperluan terjemahan.

Pada langkah terakhir, kamu dapat download file tersebut dalam bentuk MP4 dan langsung diunggah ke YouTube.

2. Ciptakan micro-content dari masing-masing episode

Setelah podcast kamu berjalan, menurut Thepodcasthost, usahakan untuk membentuk micro-content dari masing-masing episode yang sudah tayang.

Mengapa micro-content diperlukan? Karena hanya ada beberapa orang yang akan mendengarkan seluruh rangkaian episode podcast di YouTube.

Publik biasanya tidak tertarik pada jenis konten yang berfokus pada audio dan tidak memiliki visual yang nyata.

Sebagai solusi, sediakan micro-content agar audiens memiliki sebuah gambaran mengenai materi yang akan kamu sajikan.

Sebisa mungkin, bentuklah micro-content yang menarik tetapi juga informatif.
Baca Juga: Daftar 8 Alat yang Wajib Dipersiapkan untuk Membuat Podcast

3. Rekam podcast-mu

Seperti yang sudah Glints jelaskan, penonton lebih menyukai konten yang memiliki visual dan tidak hanya audio.

Memfilmkan podcast adalah cara sederhana untuk memperluas audiens tanpa perlu mengorbankan banyak waktu dan usaha.

BACA   Basic Copywriting

Lagipula, YouTube merupakan platform streaming berbasis video. Manfaatkanlah aspek tersebut sebaik mungkin.

4. Siapkan Video Tambahan

Video YouTube durasi pendek cenderung. Umumnya sekitar lima sampai enam menit. Itulah sebabnya Youtube menyedikan tampilan khusus untuk short video.

Nah, jika kamu memiliki waktu luang, kamu dapat memperluas dampak podcast dengan memberikan sebuah video tambahan untuk menyertai konten-konten yang akan disajikan.

Dalam arti, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengisi episode dengan durasi yang relatif pendek, dan disertai video deskriptif yang sesuai dengan aspirasi audiens.

Intinya, pikirkan cara-cara efektif agar konten podcast penuh dengan visual yang menarik, tetapi juga informatif.

5. Sediakan kamera eksternal

Cara terakhir untuk membuat podcast di YouTube adalah untuk menyediakan beberapa kamera eksternal selama proses shooting.

Kamu tidak memerlukan peralatan mahal sebagai kamera eksternal. Kamu bisa kok mendapatkan rekaman berkualitas hanya dengan kamera smartphone.

Kendati demikian, gunakan tripod untuk menjaga rekaman video tetap stabil.

Set yang digunakan sebagai latar belakang juga tidak perlu dibuat terlalu mewah. Cukup tempatkan kamera dan catat objek yang masuk frame dan jadikan area dan objek di dalamnya agar senada dengan tema podcast.

6. Bikin Cover Podcast

Tinggal selangkah lagi menjelang channel podcast lo di-upload secara official. Sebelum mengupload konten, jangan lupa menyiapkan cover podcast yang keren dan pas dengan identitas podcast ANda. Nggak punya skill editing? No problemo. Karena ada segudang template gratis yang bisa dipakai secara gratis di Canva.

Visikata

Sekolah Online Visikata: Belajar Menulis Online, Pelatihan Penulisan Online, Membuat Web Bisnis

Leave a Reply