You are currently viewing Ide Konten Youtube Yang Diminati Netizen

Ide Konten Youtube Yang Diminati Netizen

(Last Updated On: 2 August 2022)

Konten Youtube yang diminati banyak orang sangat beragam. Terdapat konten populer yang diminati beragam orang tapi terdapat juga konten niche yang diminati secara spesifik orang-orang tertentu. Konten niche sangat penting karena akan menghasilkan pengunjung yang loyal.

Inilah beberapa ide konten Youtube yang diminati yang bermanfaat bagi Anda yang baru memulai membangun channel youtube baik untuk mengembangkan bisnis Anda atau untuk kepentingan Adsense.

1. Tutorial

Konten tutorial memang menjadi salah satu jenis konten YouTube yang menarik karena memiliki jumlah pencarian cukup tinggi. Pasalnya, rata-rata orang mencari video di YouTube untuk memecahkan berbagai masalah yang mungkin dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Konten tutorial ini dapat mencakup tutorial memasak, menanam, makeup, cara edit video, install aplikasi, dan masih banyak lagi.

2. Review produk

Banyak orang yang membutuhkan referensi apabila hendak mencoba suatu produk. Misalnya ketika akan membeli barang-barang elektronik seperti hp, laptop, kulkas, dll, tentu akan lebih meyakinkan jika kita melihat review dan pengalaman dari orang-orang yang sudah menggunakan produk tersebut.

Kesempatan ini tentu saja menjadi suatu peluang bagus untuk konten review dalam menyajikan ulasannya. Dengan fokus pada kelebihan dan manfaat produk, audiens akan merasa lebih yakin untuk membeli produk tersebut. Tak jarang pula, konten review sering mendapatkan tawaran kerja sama berupa endorsement.

BACA   Daftar Topik Untuk Latihan Menulis

3. Daily and travel vlog

Jenis konten ini cukup banyak diminati dan cukup mudah dibuat, meskipun pada dasarnya menentukan konsep utama tetap tidak mudah. Channel Ria Ricis adalah salah satu contoh dari konten YouTube yang menarik ini. Sayangnya, untuk mengambil ide ini, akan lebih menguntungkan jika sang content creator telah memiliki nama besar sebelumnya. Dengan demikian, orang-orang yang telah mengenal namamu sebelumnya dapat lebih tertarik untuk mengikuti perkembangan update konten dalam channel yang telah dibuat.

4. Makeup and beauty

Jenis konten ini sangat banyak peminatnya, terutama dari kalangan wanita. Berbagai jenis ide konten YouTube menarik pun didominasi oleh jenis konten ini, terutama kalangan influencer. Topik yang dibahas pun beragam, mulai dari review produk kecantikan, tutorial hijab, outfit, dan sebagainya.

5. Gaming channel

Jika kamu adalah pencinta game, maka tidak ada salahnya untuk memulai berkarya dengan topik gaming. Peminat konten gaming pun tak kalah banyaknya dengan konten kecantikan, mengingat para gamers yang mencoba beberapa teknik bermain game tertentu melalui YouTube.

6A. Wawancara dengan expert

Ide konten YouTube menarik selanjutnya adalah sesi wawancara dengan para expert atau ahli di suatu bidang tertentu. Konten ini juga memiliki pangsa penonton tersendiri karena daya tarik dari pengalaman yang diceritakan oleh ahli untuk para audiens yang ingin berkecimpung di bidang yang sama.

Selain itu, seorang expert juga berperan penting dalam meyakinkan serta memberikan insight untuk para audiens yang memiliki minat di bidang tersebut. Selain juga dapat menjadi ajang konsultasi, wawancara dengan expert juga memiliki potensi untuk meningkatkan engagement dengan audiens.

Salah satu contoh channel yang mengusung ide ini adalah CapCapung. Beberapa konten yang diangkat adalah di bidang agraria, wawancara dengan seorang ahli di bidang agrikultur dapat menarik minat dari para petani muda.

BACA   21 Tips Travel Writing - Menulis Catatan Perjalanan

6B. Podcast

Meski bukan jadi platform khusus podcast, tapi Anda juga dapat membuat podcast di YouTube. Contoh podcast yang populer adalah Channel Dedy Corbuzer.

7. Success story

Kisah sukses seseorang dalam menarik suatu tujuan juga dapat menjadi ide konten YouTube yang menarik. Selain mampu mendorong munculnya motivasi, topik konten ini umumnya juga mampu menarik manfaat bagi sebagian orang yang merasa kehilangan arah dalam hidupnya.

Contoh channel yang mengusung ide ini adalah Cerita Juara dari Ruangguru. Video kisah sukses dari para alumni ini bisa mengundang jumlah viewers yang cukup tinggi dari kalangan anak-anak muda yang ingin kuliah atau masih mengenyam pendidikan.

8. Mini web series

Salah satu ide konten YouTube yang menarik adalah mini web deries. Sudah banyak jumlah web series di Indonesia yang berhasil menarik jutaan viewers dalam sekali upload-nya. Salah satu konten yang paling relevan dengan tema ide ini adalah video Tilik atau lebih dikenal dengan kepribadian tokoh yang mencolok dari Bu Tedjo. Bahkan, drama tersebut sukses menarik hingga 26 juta views saat ini. Kolom komentarnya pun tak sepi menuai berbagai opini dan tanggapan dari penonton. Hal ini menjadi bukti bahwa web series memiliki tempat tersendiri untuk para penonton di Indonesia.

9. Urban explorer

Tempat-tempat bersejarah memiliki suatu keunikan yang akan menjadi daya tarik tersendiri ketika dibungkus menjadi suatu konten berkualitas. Tentunya hal ini dapat menjadi peluang ide konten YouTube yang menarik untuk dicoba. Kamu dapat mengelilingi bangunan-bangunan bersejarah, serta mencari tahu mengenai seluk beluk tempat tersebut yang mungkin jarang diketahui semua orang. Beberapa channel YouTube yang mengusung konsep ini, seperti Broken Window Theory.

BACA   4 Cerita Rakyat Yang Populer di Jawa Yang Dikenal Baik Anak-Anak

10. Dark facts review

Tahu konten YouTube Nessie Judge, bukan? Salah satu konsep pembawaan informasi mengenai fakta yang jarang diketahui oleh banyak orang ini juga menyimpan hal menarik untuk setiap penonton yang memiliki rasa penasaran tinggi. Selain menambah pengetahuan baru, ide konten YouTube yang mengulas fakta gelap di masa lalu, atau fakta-fakta misterius ini masih cukup jarang dijumpai. Hal ini dapat menjadi kesempatan untuk kamu yang memang menyukai konten fakta dan memiliki pemikiran yang kritis.

11. Video Reaction

Untuk mereka yang ingin cepat membuat konten youtube adalah membuat video reaksi atas sebuah tayangan di youtube. Salah satu video reaksi yang paling populer di dunia ini adalah video reaksi dalam bidang musik. Video reaksi terhadap fingerstyle Alip Ba Ta adalah salah satu video reaksi paling banyak di dunia.

12. Prank video

Salah satu rekomendasi konten YouTube yang menarik adalah konsep ide mengenai prank. Prank yang dilakukan tidak harus bersifat mempermalukan orang lain. Kamu pun dapat melakukan berbagai eksperimen, seperti melihat kepekaan dari orang-orang yang menjadi target konten video kamu.

Salah satu pranks video adalah yang dilakukan oleh channel youtube Agogo Violin. Bahkan video pranknya juga digemarei oleh netizen dari mancanegara.

Misalnya, social experiment dimana orang sengaja melakukan suatu hal kesalahan atau hal yang setidaknya membutuhkan bantuan dari orang lain. Meskipun tidak terjadi sungguhan, hal ini cukup menarik perhatian viewers karena rasa terharu yang mungkin muncul saat melihat bagian video orang yang peka untuk menolong seseorang di dalam video yang membutuhkan bantuan.

Visikata

Sekolah Online Visikata: Belajar Menulis Online, Pelatihan Penulisan Online, Membuat Web Bisnis

Leave a Reply