Esfindo::Sebuah Portal Pendukung Pembelajaran

No comment 866 views

Telah diluncurkan sebuah layanan portal pendukung pembelajaran  untuk Sekolah Menengah di Indonesia, yaitu ESFINDO (E-school for Indonesia), yang dikembangkan  oleh Tim Peneliti dan Pengembang (Litbang) Esfindo Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

eleaningPortal yang diketuai Prof Heru Suhartanto ini diberi nama Esfindo versi 1.0 dan dapat digunakan gratis oleh para guru dan siswa sekolah menengah di Indonesia. Esfindo 1.0 adalah pengembangan lebih lanjut dari SCELE (Student Centered E-Learning Environment, http://scele.cs.ui.ac.id), yang berbasis Moodle versi 1.9.3.

Esfindo menyediakan fitur-fitur utama untuk guru yaitu fitur login, mengubah profile, melihat peserta/ siswa kelas, mengelola file, membuat slot pengajaran dengan mengaitkan file hasil upload atau tautan (link) ke website, membuat forum diskusi, melakukan posting di news dan di forum, memantau aktivitas siswa, membuat tugas pekerjaan rumah, dan membuat tanggapan (feedback) terhadap kuis online.

Portal Esfindo  mendukung pengembangan komunikasi dua arah, tidak hanya dari sisi pengajar (guru) tetapi juga dari siswa sekolah. Fitur untuk siswa antara lain fitur login, mengubah profile, melihat peserta, membaca materi pelajaran, melakukan posting/reply news dan forum, membaca dan mengupload pekerjaan rumah, melakukan chatting, mengikuti kuis online, melihat tanggapan kuis, dan melihat sumber pembelajaran lainnya.
Saat ini Esfindo terdiri dari satu server portal dan satu blog. Portal dapat diakses pada http://esfindo.cs.ui.ac.id.

Proses pembelajar di Sekolah Online Visikata   menggunakan core module elearning yang juga digunakan oleh ESFINDO. Core module elearning yang telah di gunakan di  ribuan institusi pendidikan di seluruh dunia dan puluhan insitusi pendidikan di Indonesia memang terbukti handal.

Leave a reply "Esfindo::Sebuah Portal Pendukung Pembelajaran"