Citizen Journalism, Sebuah Gebrakan Baru dalam Jurnalisme

No comment 882 views
Jumat, 08 Mei 2009 18:52 WIB

Pagi-pagi buta, ruang auditorium FE UI Depok sudah dipenuhi oleh segerombolan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai universitas. Ada apa gerangan? Ya, mereka datang ke FE UI untuk mengikuti Jurnalis Day yang diadakan oleh BEM FE UI. Jurnalis Day ini berlangsung selama kurang lebih dua bulan dan dilaksanakan sejak 16 Maret 2009 sampai 8 Mei 2009.

Berani Menulis

Berani Menulis

Puncak acara Jurnalis Day berlangsung sejak tanggal 4 mei sampai 8 Mei dan dibuka dengan seminar yang diadakan pada hari Senin, 4 Mei 2009. Seminar kali berbeda dengan seminar-seminar jurnalistik lainnya. Mengapa berbeda? Hal ini disebabkan panitia memperkenalkan sebuah gebrakan baru dalam jurnalistik di Era Broadband ini. Gebrakan itu adalah Citizen Journalism atau jurnalisme warga.

Citizen Journalism adalah suatu keadaan dimana masyarakat aktif mencari, mengumpulkan, melaporkan serta menyampaikan informasi dan berita. Informasi dan berita tersebut akan mereka tulis kedalam sebuah forum atau wadah untuk menulis seperti blogg, dan jejaring social. Jurnalisme ini akan menjadi tren baru dan berkembang amat pesat dimasa mendatang karena akan terjadi kerjasama antara warga atau masyarakat dengan media massa.

Sumber: http://www.mediaindonesia.com

Keyword yang digunakan pengunjung:

citizen jurnalistik, citizen jurnalis, citizen jurnalisme

Leave a reply "Citizen Journalism, Sebuah Gebrakan Baru dalam Jurnalisme"