Buku Telaga Inspirasi Menulis Fiksi Karya Naning Pranoto

Inspirasi, Suatu Misteri

Kata Pengantar Oleh Sides Sudyarto DS

Inspirasi adalah suatu misteri. Jika wahyu berasal dari Tuhan , dari mana asal inspirasi? Manusia tidak mungkin hidup tanpa inspirasi. Campakkan inspirasi dan manusia akan kehilangan masa depannya. Tulang punggung manusia agar eksis adalah kreatifitas. Tetapi kreatifitas tidak mungkin dipisahkan dari inspirasi.

Kita mengenal kata ‘bisikan’ atau ‘ilham’. Bisikan atau ilham barangkali padanan kata dari inspirasi. Atau semacamnya. Bisikan itu tidak datang melalui telinga lahir, tetapi terdengar melalui telingan batin.Kdang orang tidak memburu inspirasi. Sebaliknya inspirasi itu yang datang menghampiri.

Jika Anda seorang pengarang, mungkin pernah menerima pertanyaan ganjil: Apakah Anda duduk dan siap menulis sebelum inspirasi datang? Atau inspirasi datang menghampiri, baru kemudian Anda duduk dan siap menulis? Persoalannya, pengalaman menunjukkan bahwa inspirasi datang kapan saja, seperti maunya sendiri. Tetapi anehnya pula, tidak setiap orang banyak kejatuhan inspirasi.

Pengalaman lain menunjukkan bahwa semakin sering pengarang menulis semakin banyak gagasan atau ide-ide timbul. Itu disebabkan proses kreatifitas yang sedang dikerjakan, atau di alami, juga memancing  datangnya inspirasi lain yang minta ditulis oleh sang pengarang.

Tetapi jelas, bahwa inspiarsi bukan segalanya. Inspirasi akn bermanfaat jika kemudian mendapat peluang untuk berproses. Inspirasi akan disusul dengan niat. Niat kemudian dijadikan program. Setelah itu jangan buang waktu lagi untuk mengubah inspirasi itu menjadi sebuah karya.

Buku Telaga Inspirasi Menulis Fiksi karya Dra. Naning Pranoto, MA, ini, mungkin tidak mengajarkan apa-apa kepada anda. Buku seperti itu hanya ingin mengingatkan kita, bahwa di dunia telah banyak sekali tokoh yang menjadi besar karena mereka menghargai inspirasi. Mungkin saja mereka tidak sadar atau tidak mengira bahwa mereka sendiri adalah juga tokoh-tokoh pemberi inspirasi melalui karya-karya liteter yang telah memperkaya khasanah fiksi dunia.

Untuk mendapatkan buku tersebut silahkan menghubungi Rayakultura BookStore.

Cuplikan isi buku:

MENULIS: EKSPRESI DAN TERAPI JIWA

Apa tujuan Anda menulis?

Bagi saya, menulis adalah eksplorasi dan sebagian besar waktu sungguh mengejutkanku, membawaku berkelana.

Jack  Dann – Novelis Amerika Serikat

Ada banyak alasan mengapa novelis menulis – tetapi mereka semua memiliki suatu kesamaan: kebutuhan untuk menciptakan dunia alternatif.

John Fowles – Novelis dan Esais Inggris

Menulis adalah cara terbaik untuk berbicara tanpa terganggu.

Jules Renand – Sastrawan Prancis

Saya menulis untuk bercerita. Saya percaya bahwa ada beberapa profesi di dunia ini akan berkangsung selamanya: dokter atau perawat, guru, tukang bangunan dan tukang bercerita. Aku menulis sebagai tukang bercerita. Menulis adalah untuk membentuk keluar terlihat dan tak terlihat, dalam diri saya maupun di dunia.

Eppo Nuotio – Dramawati dan Penulis Skenario Film Finlandia

Melalui sukacita dan melalui kesediahan, saya menulis. Melalui lapar dan melalui haus, saya menulis. Melalui laporan yang baik maupun laporan yang pedih, saya  menulis. Melalui sinar matahari dan melalui sinar rembulan, saya menulis. Apa yang saya tulis itu tidak perlu dikatakan.

Edgar A. Poe – Sastrawan Amerika Serikat

Menulis adalah penghargaan

untuk diri sendiri.

Henry Miller – Sastrawan Amerika Serikat

Aku adalah sebuah pensil kecil untuk menulis sebuah kata. Tuhan yang menggerakkan tanganku untuk menuliskan surat cintaNya untuk semua penghuni dunia.

Bunda Teresa – Biarawati dan Pekerja Sosial India

Saya menulis sepenuhnya untuk mencari tahu apa yang sedang saya pikirkan, apa yang sedang saya lihat dan apa itu artinya. Juga berpikir apa yang saya inginkan dan saya rasakan, apakah yang sata takuti?

Joan Didion – Novelis dan esais Amerika Serikat

Menulis adalah sisi lain dari seks – itu baik setelah berakhir.

Hunter Stockton Thompson – Jurnalis Sastrawi Amerika Serikat

Dalam waktu mengalami kehancuran, kita bisa menciptakan sesuatu melalui tulisan.

Maxine Hong Kingston  – Novelis, Esais dan Peneliti Amerika Serikat

Aku adalah kerang kosong berjalan di jalan tanpa arah dan menulis membuat saya merasa memiliki jiwa.

John Mulligan – Novelis Amerika Serikat, Veteran Perang Vietnam

Menulis memberiku sebuah penangguhan hukuman mati dari kehidupan yang tergelap.

John Mulligan – Novelis Amerika Serikat, Veteran Perang Vietnam

Menulis puisi adalah obat alami. Puisi membantu kita merasa hidup lebih dari hidup daripada mati rasa.

John Fox – Penulis  Amerika Serikat, antara lain menulis buku  Poetic Medicine: TheHealing Art of Poem-Making

Menulis adalah komunikasi  dengan diri sendiri,  diolah dengan rasa dan dikendalikanantara oleh pikiran. Ini merupakan terapi jitu untuk  membebaskan jiwa dari kungkungan kegelapan dan tekanan trauma.

Natalie Goldberg – Penulis Amerika Serikat, antara lain menulis buku Writing Downthe Bones: Freeing the Writer Within

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *