Buku Kiat Menulis Fiksi

Fiksi hanyalah sebagian dari sastra dan sastra pun hanya bagian dari peradaban kita.Tetapi dalam sastra orang bisa berkaca diri, bisa menemukan nilai-nilai yang bisa dijadikan ramuan bagi kemajuan peradaban kita.(Paragraf awal pada buku Kiat Menulis Fiksi,  50 Hari Menjadi Penulis Besar)

Buku Kiat Menulis Fiksi

Buku ini ditulis oleh Sides Sudyarto DS, seorang sastrawan yang telah tampil di dunia sastra sejak tahun 70an. Saat ini Sides Sudyarto aktif mengelola Yayasan Rayakultura yang aktif dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Lewat kegiatan dari Yayasan Rayakultura ini Sides Sudyarto aktif memberi diskusi, seminar dan workshop penulisan, di dalam maupun di luar negeri.

Dalam buku Kiat Menulis Fiksi ini anda akan dibimbing setahap demi setahap untuk mampu menulis sebuah cerpen, dan setelah melewati proses menulis cerpen anda akan dibimbing  bagaimana mengembangkan naskah cerpen tadi menjadi sebuah novel.

Bimbingan menulis fiksi dalam buku ini di bagi dalam 50 tahap sesuai dengan sub judul dari buku ini “50 Hari Menjadi Penulis Besar”.

Inilah garis besar tahapan bagaimana Anda dibimbing melalui buku ini menjadi penulis fiksi.

Pada hari pertama hingga kedua anda akan diberik gambaran tentang aspek menulis fiksi dan lebih fokus lagi bagimana menulis cerpen dan novel. Pada hari  ketiga anda dipandu memahami tentang bagaimana menyusun sebuah cerita dan membuat sinopsisnya.

Pada hari ke empat anda mulai merancang cepen anda dengan membuat plot sebuah cerpen dari sinopsis cerita yang telah anda buat. Hari kelima hingga ke-enambelas anda mulai menulis paragraf demi paragraf cerpen Anda. Pada hari ketujuhbelas proses penulisan cerpen telah selesai.

Pada hari kedelapanbelas Anda mulai dibimbing menulis novel. Dapat dikembangkan dari cerpen yang telah Anda selesaikan atau membuat cerita baru karena penulisan novel membutuhkan situasi yang lebih detail. Selama proses penulisan novel Anda akan banyak dibimbing seperti bagaimana membuat pembuka, membuat bagian demi bagian dari sebuah novel sehingga menggambarkan sebuah alur cerita yang mengalir dan bagaimana proses editing. Anda juga disuguhi berbagai literatur karya-karya sastra yang perlu anda baca untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda.

Dengan banyak membaca karya-karya sastra yang berkualitas dan secara konsisten selalu menulis maka diharapkan pada suatu saat Anda akan menjadi penulis besar.

Selamat menikmati dan mengikuti proses menulis melalui buku kiat menulis fiksi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *