BNI Luncurkan SMS Payment

foto: paymate
foto: paymate

Layanan perbankan makin mempermudah nasabah untuk bertransaksi. Akhir Desember 2008 lalu PT BNI Tbk meluncurkan layanan elektronik banking (e-banking) berjuluk SMS payment. Dengan layanan ini, sekitar 1,7 juta nasabah BNI yang sudah terdaftar sebagai pengguna SMS banking makin mudah melakukan pembayaran atas barang yang mereka beli secara online. Setelah belanja online nasabah hanya perlu membalas pesan pendek dari BNI yang berisi konfirmasi pembelian sejumlah barang berikut dengan harga yang dikirimkan oleh toko online.
Kalau nasabah setuju melanjutkan transaksi, maka bank akan mendebet rekening nasabah dan membayarkan kepada toko online.

Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Konsumen BNI Wisnu Wardana menyebut, layanan baru dari BNI ini untuk merespon maraknya toko yang melayani penjualan secara online di Indonesia. Tapi tak banyak masyarakat yang menggunakan pembelian barang secara online, karena tidak percaya saat harus memberikan nomor kartu kredit lewat internet, atau memasukan nomor PIN di internet.

Ujungnya transaksi online malah bikin repot karena nasabah harus datang ke ATM untuk mentransfer duit, lalu mengirimkan struk pembayaran lewat faksimile. “Sekarang kami sedang mengembangan jaringan SMS payment ini,” tutur Wisnu Senin (4/1). BNI telah melakukan ujicoba sistem ini di Medan Sumatra Utara. Mereka menjalin kerjasama dengan toko online seperti www.gramediashop.com. Ke depan BNI akan bekerjasama dengan toko online lain seperti pesan-delivery.com, www.glodokshop.com dan yang lain.

Adian Adhitama Bachtiar, division head stategic planning and business control PT Antar Mitra Prakarsa, perusahaan yang mengembangkan sistem SMS payment, optimistis pengguna layanan ini bakal membludak. Sebab layanan ini bisa memenuhi tuntutan gaya hidup masyarakat yang serba praktis.

Misalnya nasabah ingin memberikan hadiah spesial kepada seseorang tak perlu repot datang ke toko. Tapi cukup belanja di toko online dan membayarnya lewat SMS, maka barang akan sampai ke tempat tujuan.
Sistem keamanan transaksi ini cukup tinggi. Untuk konfirmasi pembelian, nasabah tidak perlu memasukkan nomor PIN ke jaringan online tapi dengan membalas pesan pendek yang dikirim bank.

sumber: kontan.co.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *