Belajar Twitter : Memahami Jenis-jenis Follower

Belajar Twitter | Visikata.comBelajar Twitter dan memahami perilakunya sangat penting di era sosial media ini, apalagi jika Anda akan berperan bukan sekedar sebagai follower saja.

Follower merupakan salah satu indikator penting di Twitter, terutama untuk kepentingan bisnis dan promosi. Idealnya follower tidak sebatas dilihat dalam besaran angka atau kuantitas saja. Kualitas follower justru menjadi syarat menentukan keberhasilan sebuah akun.

Dalam sudut pandang kualitas, maka follower twitter dapat dibedakan dalam beberapa jenis:

1. Fake.

Jenis akun yang dibuat hanya untuk menambah jumlah follower . Tidak akan ada respon dari follower jenis ini, bahkan terkadang juga digunakan untuk tujuan Spam.

Akun fake atau akun palsu minimal memiliki salah satu kriteria sebagai berikut:

  • Tidak pernah berkicau
  • Mengulang twit yang sama minimal 3 kali
  • Twit  berulang yang menyertakan frasa spam
  • 90% twit adalah retweet atau berisi link

2. Bot

Aku yang umumnya di-setting otomatis dalam melakukan aktivitas di Twitter seperti auto tweet, auto mention, auto follow, dan lainnya. Bisa dipastikan twit Anda tidak akan pernah dibaca oleh akun jenis ini.

3. Inactive

Akun ini pernah aktif diawal pembuatannya lalu tiba-tiba menghilang. Biasanya hanya aktif tidak sampai 30 hari.

4. Quite

Akun jenis ini adalah akun yang sangat jarang berkicau. Meskipun jarang membuat twit tapi akun jenis ini sering login dan membaca twit akun yang mereka follow. Akun jenis ini sering disebut juga jenis reader.

5. Talkative

Selain rajin membaca timeline akun yang mereka follow, mereka juga suka me-retweet kicauan akun orang lain yang disukai. Mereka juga aktif membuat tweet orisinil minimal 5 twit perhari.

6. Active

Ini jenis aku ideal atau follower idaman. Selain aktif berkicau akun jenis ini juga rajin menjalain interaksi melalui retweet, mention, dan reply. Sehingga akan terjalin komunikasi dua arah dengan akun jenis ini.

 Belajar twitter dan memulainya dengan  memahami jenis-jenis follower sangat penting untuk dapat memaksimal penggunaannya sesuai dengan kebutuhan.

Dalam artikel belajar twitter ini, jenis-jenis follower diambil dari buku karya Ivan dipa yang berjudul Twitter Is Money – 7 ladang uang di twitter.  Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *