(Last Updated On: 17 September 2021)

Perkembangan dari digitalisasi transaksi adalah semakin bermunculnya Bank Digital di Indonesia. Bank Digital adalah layanan perbankan yang dilakukan secara online sehingga sebagai nasabah dapat mengakses fitur atau layanan perbankan melalui smartphone.

Setiap bank digital pun memiliki keunggulannya masing-masing, mulai dari segi layanan hingga fitur yang ditawarkan.

Inilah rangkuman review dari beberapa Bank Digital di Indonesia.

Bank Digital Jenius (Bank BTPN)

Jenius merupakan pelopor bank digital di Indonesia yang dirilis oleh PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN) pada tahun 2016. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Jenius. Salah satunya memudahkan nasabah melakukan transaksi perbankan atau melakukan pembayaran.

Fitur andalan dari Jenius: “Pay Me” atau fitur tagih uang ke teman, dan “Monetary” sebagai buku harian keuangan untuk mengecek cash flow lebih jelas.

Lalu ada juga fitur “Maxi Saver”, yaitu deposito berjangka dengan bunga hingga 4% p.a, dengan jangka waktu 1-12 bulan. Untuk mengetahui fitur menarik lainnya, Mama Papa bisa mengunduh aplikasi Jenius melalui Google Play Store atau App Store.

Bank Digital – Wokee (Bank Bukopin)

Wooke dari Bank Bukopin mulai diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 2018. Wokee dapat memberikan sejuta solusi hanya dengan satu sentuhan. Mulai dari membayar tagihan, isi pulsa dan uang elektronik, split bill sesama akun Wokee, penarikan di mesin ATM Bank Bukopin tanpa kartu, hingga keamanan yang terjamin berkat adanya Biometric Fingerprint Scanning, Face ID, dan Voice ID.

Aplikasi Wokee saat ini telah mengakomodir pengguna untuk melakukan top up saldo lewat dompet digital seperti OVO, GoPay, dan LinkAja. Artinya, Wokee sebagai bank digital, telah memanjakan pengguna yang gemar menggunakan aplikasi digital dan cashless society.

Digibank (Bank DBS)

Digibank milik Bank DBS juga muncul pada tahun 2018. Digibank memudahkan kita dalam pembayaran tagihan seperti PAM, listrik, internet, hingga kartu kredit.juga

Bank digital satu ini juga memberikan fitur Kredit Tanpa Agunan Instan (KTA) secara online, dengan maksimal pinjaman hingga Rp30 juta! Bahkan, kita juga bisa mendapatkan banyak promo dan penawaran khusus dari berbagai merchants partner Digibank.

Bank digital ini juga memudahkan nasabah melakukan berbagai transaksi pembayaran saat belanja online di beberapa e-commerce rekanan.

Jago (Bank Jago)

Jago dirilis pada April 2021 lalu. Memiliki tampilan user friendly, aplikasi Jago membuat kegiatan mengelola keuangan menjadi lebih mudah, inovatif, kolaboratif.

Jago memiliki banyak fitur unggulan, yaitu “Kantong” yang akan memudahkan kita mengatur tabungan dengan kantong terpisah.

Tak kalah penting, aplikasi bank digital satu ini juga memiliki fitur keamanan terbaik yang dapat menjaga kerahasiaan data kita.

Calon nasabah wajib memiliki e-KTP. Ketika calon nasabah melakukan aktivasi melalui video call, nasabah diminta menunjukkan e-KTP asli, dan selanjutnya ikuti petunjuk dari kru Jago tersebut. Proses pendaftaran melalui aplikasi bank digital ini, hanya memakan waktu sekitar lima menit saja.

Bank Digital – Blu (BCA Digital)

Satu lagi pilihan aplikasi yang bisa dipilih adalah blu dari BCA Digital. Dirilis pada 2 Juli 2021 , aplikasi blu yang memiliki banyak keunggulan menarik yang tidak kalah dengan para pesaingnya.

Blu memiliki tiga fitur unggulan. Pertama, bluSaving untuk mengatur keuangan dengan gampang dan sesuai tujuan keuangan. Kemudian bluGether yang akan memudahkan kita patungan online tanpa ribet.

Lalu, bluDeposit yang membantu kita membuka deposito dengan mudah dan fleksibel. Menariknya lagi, suku bunga yang diberikan juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan bluSaving.

Hanya dalam dalam 10 tahun ke depan diprediksi maksimal hanya akan ada tiga bank digital yang bakal memimpin sektor terkait.

Bagi calon nasabah jika ingin memiliki rekening atau akun dari Bank Digital Indonesia, seluruh aplikasi telah tersedia di Google Play Store dan App Store.


Visikata

Sekolah Online Visikata: Belajar Menulis Online, Pelatihan Penulisan Online, Membuat Web Bisnis

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Exit mobile version