Bagaimana Menjaga dan Meningkatkan Kreativitas

Bagimana mengupayakan agar kreativitas selalu terjaga atau semakin meningkat? Squire Rushnell seorang mantan eksekutif dari ABC Network memberikan langkah-langkah untuk mencapainya.

Daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau hal baru. Kreativitas menjadi sangat vital dalam bidang penulisan terutama dalam penulisan fiksi, sehingga muncul istilah “Creative Writing”

Inilah beberapa cara untuk menjaga dan meningkatkan kreatifitas menurut Squirel Rushnell

Siapkan diri

Bacalah sebanyak mungkin bahan-bahan mengenai usaha yang akan Anda lakukan dan bicaralah mengenai apapun yang ingin Anda ciptakan.

Inkubasi

Kita menginginkan jalan pintas, tetapi jika jawabannya tidak segera muncul. Biarkan ia mengendap di alam bawah sadar Anda. Di lain waktu, mungkin beberapa hari kemudian, akan ada titik terang.

Ujilah

Setelah Anda mendapatkan jalan keluar kreatif, lakukan ujicoba. Ide-ide baru perlu dibuktkan keberhasilannya.

Ambil jarak

Untuk sementara waktu ,lepaskan usaha kreatif Anda–pergilah ke ruangan lain, adakan “perjalanan mental ” ke tempat hiburan , atau lakukan hal lain yang mengalihkan pikiran dari kegiatankreatif Anda.

Tambahkan variasi dalam hidup

Jumpai orang-orang baru. Baca buku baru. Tingkatkan stimuus mental dalam lingkungan Anda, undanglah pikiran-pikiran dan konsep-konsep baru ke dalam proses berpikir Anda.

Jangan takut sendirian

Anda juga membutuhkan waktu untuk mendengarkan suara dari dalam diri Anda sendiri daripada mendengarkan usulan orang lain tentang apa yang harus Anda pikirkan.

Berdisiplin

Mungkn kedengarannya paradoks, tapi lingkungan yang tidak tersetrukur tidak bersifat kondusif untuk pemikiran yang bebas. Proses kreatif akan menngkat ketika Anda membuat struktur pada rencana-rencana untuk menulis, melukis, atau proses kreatif lainnya.

Temukan waktu yang terbaik

Ada saat di siang atau malam hari ketika ide terbaik Anda bisa muncul dengan mudah. Pupuklah waktu itu baik-baik.

Temukan tempat yang terbaik

Pikirkan tempat Anda bisa mendapatkan ide-ide terbaik: berjalan di pantai, bekerja di kebun atau merenung diri di ruang kecil. Pasti ada suatu tempat yang dapat meninkakan kreatifitas jika Anda pergi ke sana secara teratur.

Bawalah kertas dan pena

Tangkaplah ide-ide yang terpikirkan yang mungkin berguna di masa mendatang dengan menempatkan kertas dan pena di samping tempat tidur dan di dompet atau saku. “Pinsil ang paling tumpul lebih baik daripada pikiran yang paling tajam” menurut Elaine Alestra

Latihlah otak anda.

Ucapkan atau tuliskan sebanak mungkin ide yang bisa diali dari oak Anda. Biarkan pikiran Anda berkelana dan mempertimbangkan segala jenis jalan keluar.

Sisihkan penilaian

Dengarkan pikiran Anda dengan cermat. Jangan langsung menyunting ide-ide Anda sendiri dengan berkata,”Ide itu bodoh” atau “Ide itu tidak akan berhasil”. Biarkan ide yang paling konyol sekalipun tetap ada, dan akhirnya, kuantitas akan menghasilkan kualitas.

Jangan takut berbuat kesalahan

Kreativitas datang dari kebebasan untuk sekali-kali berani memberi warna keluar garis batas.

Jangan membuat alasan

Tidak ada yang bisa dijadikan alasan kehabisan pemikiran yang kreatif–bukan umur, kesehatan atau segala macam hal dalam hidup Anda. Saya berani bertaruh , saya bisa menyebut banyak orang yang berada dalam situasi yang serupa–atau lebih buruk –tetapi bisa kreatif.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *