You are currently viewing Manfaat Anak Belajar Coding: Mengasah Logika , Pemecahan Masalah dan Kreativitas

Manfaat Anak Belajar Coding: Mengasah Logika , Pemecahan Masalah dan Kreativitas

(Last Updated On: 22 September 2022)

Anak belajar coding sejak dini sangat bermanfaat bagi perkembangan pribadi. Belajar pengkodean akan mengasah logika berpikir, mencari solusi dari masalah, pengembangan kreatifitas, kemampuan matematika akan meningkat dan juga mampu berpikir kritis.

Belajar coding atau pengkodean mengajarkan anak-anak bahwa menemukan solusi untuk suatu masalah. Proses ini sering kali melibatkan urutan langkah atau tindakan yang logis. Ini membantu untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah seperti ketekunan, coba-coba dan pemahaman sebab dan akibat, berpikir analitis dan keterampilan penalaran, serta keterampilan matematika dan bahasa.

Inilah manfaat anak belajar coding sejak dini

Logic

Belajar Coding untuk anak mendorong serta meningkatkan kemampuan logika yang akan berdampak pada kemampuan berpikir anak dalam aspek kehidupan lainnya.

Problem Solving

Selama proses pembelajaran, diharapkan bahwa anak-anak akan menemukan masalah yang menantang, yang dapat mereka selesaikan. Semakin banyak masalah atau kesalahan yang mereka temui, semakin cepat mereka menemukan solus

Math & Algoritm

Keterampilan matematika anak akan secara otomatis meningkat. Bahasa pemrograman membutuhkan banyak kemampuan matematika dan algoritma. Tentu disesuaikan dengan usia anak

Critical Thinking

Coding dan critical thinking memiliki kesamaan langkah-langkah:
1) mengidentifikasi masalah 2) menganalisis masalah 3) solusi awal 4) testing solusi 5) evaluasi dan perbaiki

Creativity

Coding mengajarkan ada lebih dari satu jawaban benar. Belajar Coding untuk anak akan mempertahankan pola pikir bahwa ada berbagai cara untuk mencapai solusi yang diinginkan

BACA   Jenis Paragraf Dalam Penulisan Non Fiksi

Out of the box

Coding mengajarkan ada lebih dari satu jawaban benar.
Coding mendorong siswa untuk mempertahankan pola pikir bahwa ada berbagai cara untuk mencapai solusi yang diinginkan.

Apa itu coding untuk anak-anak?

Coding adalah tindakan menulis instruksi untuk komputer untuk membuat komputer melakukan tugas. Coding juga bisa disebut pemrograman. Serangkaian instruksi komputer yang telah selesai disebut program.

Setiap aplikasi, game, dan program perangkat lunak yang kami gunakan memerlukan program berkode agar berfungsi. Banyak peralatan rumah tangga kita dan bahkan mobil kita juga memerlukan program berkode untuk bekerja.

Agar sebuah program dapat bekerja, program itu harus ditulis dengan cara yang dimengerti oleh komputer. Ini dilakukan dengan bahasa komputer. Ada berbagai bahasa komputer yang dirancang untuk berbagai jenis program komputer.

Bahasa komputer ini termasuk HTML, Javascript, C dan Python. Pada dasarnya bahasa komputer mengubah instruksi yang dihasilkan manusia menjadi kode biner – yaitu, string satu dan nol yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan.

Saat belajar kode, anak-anak biasanya belajar menggunakan alat pemrograman visual yang disederhanakan yang memungkinkan mereka membangun program dengan blok kode yang telah dibuat sebelumnya yang dapat ditumpuk bersama untuk membentuk urutan instruksi. Ini biasa disebut pengkodean blok atau pemrograman blok.

Anak-anak kemudian biasanya akan beralih ke belajar memprogram dengan bahasa pemrograman berbasis teks yang menggunakan kata-kata, singkatan, angka dan simbol untuk membuat instruksi kode.

Untuk belajar coding, anak-anak perlu juga memahami cara kerja komputer, mereka harus mengembangkan pemikiran komputasional.

Situs Web Pengkodean Terbaik untuk Anak Belajar Coding

Daftar di bawah ini menyoroti delapan belas situs web pengkodean terbaik untuk anak-anak, yang menawarkan pelajaran pengkodean online, tutorial, dan permainan untuk anak-anak dari usia 4 hingga 18 tahun.

BACA   Wirausaha, Mulailah Sejak Kuliah!

Daftar ini mencakup campuran sumber daya gratis dan berbayar, berguna untuk belajar coding di rumah atau di sekolah.

CodeMonkey

Format: Online, aplikasi, pengkodean berbasis game Usia: 4+ – 13+ tahun Biaya: Gratis & berbayar

CodeMonkey mengundang pengguna untuk membuat kode dengan blok atau bahasa pemrograman berbasis teks untuk memecahkan berbagai teka-teki yang semakin menantang (setiap level menyertakan potongan kode tambahan atau fungsi baru untuk digunakan). Bagus untuk rumah dan sekolah, situs web ini mencakup kursus pengkodean di berbagai tingkatan – dari Code Monkey Jr untuk anak usia 4+ tahun hingga Coding Chatbots untuk anak usia 13+ tahun.

Code.Org

Format: Online, permainan Usia: 5+ tahun Biaya: Gratis

Code.org adalah rumah asli Hour of Code dan terkenal di kalangan pendidikan. Dengan bagian yang didedikasikan untuk tutorial dan proyek interaktif untuk kelas K-5 dan 6-12, code.org mengajarkan anak-anak dengan pengkodean blok sebelum pindah ke Javascript, HTML, dan CSS.

Sumber daya komprehensif ini luar biasa untuk belajar coding di rumah atau di kelas.

Scratch & Scratch Jr

Format: Online, aplikasi Usia: 5/8+ tahun Biaya: Gratis

Untuk anak-anak berusia 8-16 tahun, Scratch adalah alat yang hebat di mana mereka dapat belajar cara membuat kode praktis apa pun yang mereka impikan. Dengan Scratch, pembuat kode dapat memprogram cerita, permainan, dan animasi interaktif — dan berbagi kreasi mereka dengan orang lain di komunitas online yang mendukung. Sistem ini menggunakan pemrograman blok

Scratch gratis digunakan untuk semua pembuat kode, dan sekolah dapat mengakses alat ini tanpa lisensi.

Anak-anak yang lebih kecil juga dapat belajar dengan Scratch Jr, dibuat untuk usia 5-7 tahun.

BACA   Kisah Timun Mas dan Visi Kelautan Susi Pudjiastusti

Blockly

Format: Online Usia: 8+ tahun Biaya: Gratis

Seperti namanya, Blockly mengajarkan coding melalui serangkaian teka-teki dengan pemrograman blok. Anak-anak perlu memecahkan serangkaian delapan teka-teki, menyeret dan menjatuhkan blok kode untuk memecahkan tantangan tertentu.

Blockly adalah alat sederhana yang dibuat untuk anak-anak yang belum memiliki pengalaman sebelumnya dengan pemrograman komputer dengan tujuan memperkenalkan bahasa pengkodean berbasis teks konvensional. Anak-anak perlu dapat membaca secara mandiri untuk maju melalui pelajaran tanpa bantuan orang dewasa.

Visikata

Sekolah Online Visikata: Belajar Menulis Online, Pelatihan Penulisan Online, Membuat Web Bisnis

Leave a Reply