90 Hari Menulis Novela, Novel dan Novel Grafis

Ingin menulis novel sendiri?. Novel tentang kisah hidupmu dan sahabat terdekat. Novel tentang masalalu yang tak ingin kamu lupakan begitu saja. Menulis novel butuh waktu dan ruang istirahat. Novel tidak mungkin ditulis dalam sekali tulis. Bahkan ada yang butuh waktu berbulan-bulan, kadang menahun. Di kelas menulis novela dan novel visikata.com, kamu dapat menuliskannya hanya dalam waktu 90 hari. Buktikan. Kelas terbatas.

90 Hari Menulis Novel
90 Hari Menulis Novel

Jika kamu berminat menulis tapi bingung bagaimana menggali ide cerita.

Jika kamu punya banyak gagasan dalam kepala tapi tidak tahu harus menulis apa.

Jika kamu menyimpan berbagai rahasia tapi tidak tahan berbagi cerita.

Bergabunglah di kelas menulis novela dan novel visikata.com

Kelas Novela diperuntukkan bagi kamu yang senang menulis cerita bersambung atau cerita pendek lebih dari 10 halaman dan kurang dari 100 halaman. Kelas ini merupakan kelas lanjutan bagi kamu yang sudah pernah dan gemar menulis cerita pendek.

Kelas Novel didesain buat kamu yang belum pernah menulis cerita baik cerita pendek, cerita bersambung tapi punya keinginan untuk menulis novel. 30 hari pertemuan pertama, kelas ini memberikan tutorial dasar-dasar penulisan cerita pendek dan 60 hari selanjutnya siswa diajak praktik menulis novel dengan tugas terfokus. Berbeda dengan karya sastra lainnya, novel mempunyai alur cerita menyeluruh dari awal sampai akhir kehidupan tokoh. Sehingga perjalanan klimaks dan anti klimaks dalam fase kehidupan tergambar jelas dalam setiap bab. Perlu teknik dan cara-cara tertentu yang harus diketahui seorang penulis novel untuk mendeskripsikan perjalanan klimaks dan anti klimaks tokoh dalam alur cerita yang menarik pembaca. Bagi kamu yang suka menulis novel grafis tersedia juga materi khusus adaptasi grafis diakhir pertemuan.

Pengajar.
Wanda Listiani, seorang penulis cerpen , novel dan opini yang karya-karyanya pernah dimuat di beberapa jurnal, majalah dan surat kabar seperti Majalah Femina, Kartini, Bobo, Kedaulatan Rakyat, Kompas dan Pikiran Rakyat. Alumnus S2 Desain ITB ini tengah menyelesaikan S3 Media dan Budaya UGM. Saat ini berprofesi sebagai pengajar dan peneliti di perguruan tinggi negeri dan swasta di Bandung. Karyanya pertama kali dimuat di media cetak pada tahun 1992 ketika masih duduk di bangku SMP.  Dan saat ini masih aktif menulis.
PENDAFTARAN

SILAHKAN MENDAFTAR!

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *