You are currently viewing 25 Profesi Baru Gaji Tinggi Yang Dibutuhkan Saat Ini. Masih Relevan Hingga 5 Tahun kedepan.
Profesi Baru Gaji Tinggi

25 Profesi Baru Gaji Tinggi Yang Dibutuhkan Saat Ini. Masih Relevan Hingga 5 Tahun kedepan.

(Last Updated On: 12 April 2023)

Profesi baru bergaji tinggi yang dibutuhkan saat ini terutama berhubungan dengan keahlian dibidang teknologi informasi. Untuk adik-adik yang saat ini dibangku SMU/SMA dapat melihat peluang ini dan dapat merencanakan sejak sekarang studi yang akan dipilih di masa depan.

Berikut ini adalah 10 profesi baru bergaji tinggi di era sekarang dan penjelasan detail mengenai pekerjaannya:

  1. Data Scientist: Data scientist adalah ahli yang memproses, menganalisis, dan memberikan interpretasi pada data. Mereka menggunakan algoritma, machine learning, dan teknologi canggih lainnya untuk menemukan pola, tren, dan wawasan bisnis dari data yang tersedia. Data scientist dapat bekerja di berbagai industri seperti teknologi, keuangan, kesehatan, atau periklanan.
  2. Artificial Intelligence (AI) Engineer: AI engineer merancang dan mengembangkan sistem atau aplikasi yang memanfaatkan teknologi AI. Mereka membangun algoritma dan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. AI engineer bekerja di perusahaan teknologi besar, startup, atau perusahaan besar lainnya.
  3. Cybersecurity Analyst: Cybersecurity analyst bertanggung jawab untuk melindungi sistem dan jaringan komputer dari serangan cyber. Mereka melakukan analisis risiko dan menemukan cara untuk meningkatkan keamanan. Cybersecurity analyst dapat bekerja di perusahaan besar atau organisasi pemerintah.
  4. Blockchain Developer: Blockchain developer mengembangkan aplikasi dan sistem yang berjalan pada teknologi blockchain. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan integritas data. Blockchain developer dapat bekerja di perusahaan fintech, startup, atau perusahaan besar lainnya.
  5. DevOps Engineer: DevOps engineer bertanggung jawab untuk mengintegrasikan pengembangan dan operasi IT untuk mempercepat siklus pengembangan produk. Mereka memperkenalkan otomatisasi dan bekerja sama dengan tim pengembangan dan operasi. DevOps engineer dapat bekerja di perusahaan teknologi atau perusahaan besar lainnya.
  6. UX Designer: UX designer merancang interaksi pengguna dan antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan menarik. Mereka bekerja sama dengan tim pengembangan dan memastikan pengalaman pengguna yang optimal. UX designer dapat bekerja di perusahaan teknologi atau perusahaan besar lainnya.
  7. Cloud Engineer: Cloud engineer bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara infrastruktur cloud. Mereka memastikan keamanan dan skalabilitas sistem. Cloud engineer dapat bekerja di perusahaan teknologi atau perusahaan besar lainnya.
  8. Robotics Engineer: Robotics engineer merancang, mengembangkan, dan memprogram robot untuk berinteraksi dengan manusia dan lingkungan. Mereka menggunakan teknologi canggih seperti AI dan machine learning untuk meningkatkan kemampuan robot. Robotics engineer dapat bekerja di perusahaan teknologi, manufaktur, atau organisasi pemerintah.
  9. Augmented Reality (AR) Developer: AR developer merancang dan mengembangkan aplikasi AR yang memanfaatkan teknologi seperti kamera dan sensor. Mereka mengembangkan pengalaman AR yang menarik dan berguna. AR developer dapat bekerja di perusahaan teknologi, periklanan, atau perusahaan besar lainnya.
  10. Renewable Energy Engineer: Renewable energy engineer merancang dan mengembangkan teknologi energi terbarukan seperti solar dan wind power. Mereka mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi.
  1. Virtual Reality (VR) Developer: VR developer merancang dan mengembangkan aplikasi VR yang memanfaatkan teknologi seperti headset dan sensor. Mereka menciptakan pengalaman VR yang menarik dan menghibur. VR developer dapat bekerja di perusahaan teknologi, periklanan, atau perusahaan besar lainnya.
  2. Genetic Counselor: Genetic counselor adalah profesional medis yang membantu pasien dan keluarga mereka memahami risiko kesehatan berdasarkan faktor genetik. Mereka memberikan nasihat dan dukungan emosional selama proses diagnosis dan pengobatan. Genetic counselor dapat bekerja di rumah sakit atau klinik genetika.
  3. Personalized Medicine Consultant: Personalized medicine consultant adalah profesional medis yang memanfaatkan data genetik dan klinis untuk merancang pengobatan yang disesuaikan dengan individu. Mereka bekerja sama dengan tim medis untuk memastikan pengobatan yang tepat. Personalized medicine consultant dapat bekerja di perusahaan farmasi atau klinik genetika.
  4. Renewable Energy Analyst: Renewable energy analyst melakukan analisis dan penelitian terhadap teknologi energi terbarukan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi. Mereka memberikan rekomendasi untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan. Renewable energy analyst dapat bekerja di perusahaan energi atau organisasi pemerintah.
  5. Medical Robotics Technician: Medical robotics technician merawat dan memelihara robot medis yang digunakan dalam prosedur medis. Mereka melakukan pemeliharaan rutin dan perbaikan jika diperlukan. Medical robotics technician dapat bekerja di rumah sakit atau pusat medis.
  6. Quantum Computing Engineer: Quantum computing engineer mengembangkan teknologi komputasi kuantum yang dapat menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh komputer klasik. Mereka menggunakan fisika kuantum untuk mengembangkan teknologi ini. Quantum computing engineer dapat bekerja di perusahaan teknologi atau perusahaan besar lainnya.
  7. Neurotechnology Engineer: Neurotechnology engineer mengembangkan teknologi yang memungkinkan pengukuran dan modulasi aktivitas otak. Mereka mengembangkan perangkat dan algoritma untuk meningkatkan pengobatan penyakit otak. Neurotechnology engineer dapat bekerja di perusahaan teknologi atau perusahaan besar lainnya.
  8. Smart City Planner: Smart city planner merancang kota cerdas yang memanfaatkan teknologi seperti sensor, data, dan konektivitas untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan kota. Mereka merancang infrastruktur dan sistem yang dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan sosial. Smart city planner dapat bekerja di pemerintah kota atau perusahaan teknologi.
  9. Natural Language Processing (NLP) Engineer: NLP engineer mengembangkan teknologi dan aplikasi yang memungkinkan mesin memahami bahasa manusia. Mereka menggunakan teknologi AI dan machine learning untuk meningkatkan kemampuan mesin dalam memahami bahasa. NLP engineer dapat bekerja di perusahaan teknologi atau perusahaan besar lainnya.
  10. Spatial Computing Developer: Spatial computing developer mengembangkan aplikasi yang memanfaatkan teknologi seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk menciptakan pengalaman interaktif
  1. Augmented Reality (AR) Designer: AR designer merancang dan mengembangkan pengalaman AR yang menarik dan interaktif untuk pengguna. Mereka menggunakan teknologi seperti Unity dan ARKit untuk membuat pengalaman AR yang realistis. AR designer dapat bekerja di perusahaan teknologi, periklanan, atau perusahaan besar lainnya.
  2. Chief Happiness Officer: Chief Happiness Officer adalah posisi baru dalam perusahaan yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas karyawan. Mereka mengembangkan dan mengimplementasikan program kebahagiaan karyawan, melakukan survei kepuasan karyawan, dan memberikan dukungan mental dan emosional bagi karyawan. Chief Happiness Officer dapat bekerja di berbagai industri.
  3. Environmental Engineer: Environmental engineer merancang dan mengembangkan solusi teknologi untuk mengatasi masalah lingkungan seperti polusi udara dan air, limbah, dan perubahan iklim. Mereka mengembangkan dan menerapkan teknologi ramah lingkungan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan. Environmental engineer dapat bekerja di perusahaan teknologi atau organisasi pemerintah.
  4. Healthcare Data Analyst: Healthcare data analyst menganalisis data kesehatan untuk mengidentifikasi tren, masalah kesehatan, dan solusi perawatan yang efektif. Mereka menggunakan teknologi dan algoritma untuk menganalisis data dan memberikan rekomendasi bagi tenaga medis dalam memberikan perawatan kesehatan yang tepat. Healthcare data analyst dapat bekerja di rumah sakit, perusahaan teknologi, atau organisasi pemerintah.
  5. Robotics Process Automation (RPA) Developer: RPA developer mengembangkan sistem dan aplikasi yang menggunakan teknologi robot untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai industri, seperti manufaktur, perbankan, dan layanan pelanggan. RPA developer dapat bekerja di perusahaan teknologi atau perusahaan besar lainnya
BACA   Kiat Menulis Fiksi: 50 hari jadi Penulis Besar

Visikata

Sekolah Online Visikata: Belajar Menulis Online, Pelatihan Penulisan Online, Membuat Web Bisnis

Leave a Reply