14 Hal Teknis Dalam Penulisan Proposal Yang Membutuhkan Donatur

Penulisan proposal yang baik hendaknya menyesuaikan isi proposal dengan lembaga atau perusahaan target proposal. Semakin baik dan menarik sebuah proposal makan semakin besar pula peluang proposal mendapatkan persetujuan.

Hal-hal teknis dalam penulisan proposal yang perlu diperhatikan menurut Ramei Agam dalam bukunya yang berjudul "Menulis Proposal" adalah sbb:

1. Proposal harus memiliki struktur logika yang jelas

2. Tuliskan dengan jelas apa yang akan dilakukan. Jangan gunakan kata "mungkin" atau "sebaiknya" terlalu sering. Gunakan pernyataan waktu sekarang dengan kata-kata "harus: dan "akan". Mereka harus melihat keyakinan diri Anda.

3. Hasilnya harus dapat diukur atau dinilai, gunakan angka-angka yang pasti dan bukan "perkiraan" atau "mungkin saja"

4. Pusatkan pada tugas rencana, jangan pindah keisu-isu lain yang juga Anda kerjakan. Pusatkan pada wacana di mana Anda menginginkan kerja sama, perhatian dan donasi.

5. Kirimkan proposal hanya jika telah pasti memenuhi kriteria. Jika tidak, Anda hanya akan buang-buang waktu dan tenaga, bahkan merusak reputasi Anda sendiri.

6. Sebelum mengirimkan proposal, periksa pedoman sekali lagi. Apa yang perlu ditambahkan dan berapa salinan yang mereka inginkan. Minta juga orang lain untuk membacanya dan memeriksa kembali.

7. Jangan lupa mencantumkan nama organiasasi Anda dan tanggal pada setiap dokumen ( juga pada dokumen tambahan), sehingga tidak akan hilang atau tercecer.

8. Jelaskan berapa banyak dana dan dukungan moril yang Anda harapkan dari donatur. Apakah Anda meminta dana untuk keseluruhan biaya atau hanya sebagian saja. Bagian anggaran mana yang diharapkan untuk dibiayai oleh yang lain, oleh siapa dan mengapa mereka mendanainya.

9. Buatlah hubungan rasional antara dan dan kegiatan Anda. Mengapa Anda meminta dari donatur tersebut. Apakah, misalnya, karena mereka membantu kegiatan regional, atau kegiatan keagamaan,  atau memiliki perhatian pada kegiatan yang sifatnya inovatif. Atau karena Anda tau mereka telah membiayai kegiatan seperti ini sebelumnya.

10. Pikirkan hubungan Anda dengan donatur. Apakah mereka telah mengenal Anda dengan baik atau tidak sama sekali. Jika tidak, tambahkan leaflet/brosur mengenai organisasi Anda, tujuan, sasaran, dan kegiatan-kegiatannya.

11. Jelaskan tujuan jangka panjang organisasi Anda dan tujuan jangka pendek dari kegiatan yang ingin dilaksanakan tersebut.

12. Biasanya akan lebih membantu jika membuat hubungan antara topik dalam berita dan kegiatan Anda. Mengapa harus melaksanakan proyek ini sekarang dan bukan tahun depan? Mengapa tidak menunggu hingga uang Anda cukup untuk itu?

13. Baca untuk terakhir kalinya dan bayangkan Anda sebagai donatur, yang mungkin akan memberikan dan untuk proyek ini. Apakah Anda akan membantu setelah membaca proposal ini? Informasi apa yang masih belum ada?

14. Masukkan unsur pesan penjualan persuasif, yang memberi pengaruh , manfaat, dan respons dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Penulisan Proposal | Visikata.comPenulisan proposal haruslah dibuat sesingkat mungkin, maksimal 10 halaman. Ingatlah, orang-orang yang menyortir proposal Anda adalah orang-orang yang sibuk.

  1. author

    Merryana1 year ago

    Waw, ternyata ada hal-hal dalam penulisan sponsorship yang harus diperhatikan ya.. Saya baru tahu, selama ini hanya copas turun-temurun dari proposal sponsorship yang sudah ada.

Leave a reply "14 Hal Teknis Dalam Penulisan Proposal Yang Membutuhkan Donatur"